Tips Memilih Nama Domain

Memilih nama domain adalah aktifitas awal ketika seorang webmaster membangun website. Namun menentukan nama domain sendiri bukanlah hal gampang, terutama untuk pemula. Sebelum membahas hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan nama domain, perlu dipahami bahwa:

DOMAIN merupakan nama unik yang digunakan sebagai alamat di internet. Domain dapat digunakan untuk alamat email, alamat situs, dan alamat lainnya yang berbasis internet. Domain juga acap kali disebut sebagai alamat URL ataupun alamat website.

Sebagian dari pengunjung pasti meyakini bahwa nama adalah hal yang tidak boleh sembarangan. Nama diyakini sebagai doa atau harapan yang dapat membawa keberuntungan. Memilih nama domain pun demikian, berikut ini aspek yang perlu diperhatikan untuk memilih nama domain.

Sesuai Tema Website

Memilih nama domain harus sesuai dengan tema website yang dibangun. Jika tema website tentang olahraga maka pilihlah nama terkait olahraga misalnya sepakbola.com atau soccer.com. Boleh jadi tema website yang sedang dibangun adalah tentang perusahaan atau instansi, dalam kondisi demikian maka nama perusahaan/instansi lebih baik misalnya kemdikbud.go.id. Jika website yang dibangun merupakan citra dari kepribadian Anda, maka ada baiknya memilih nama Anda sebagai nama domain misalnya ranimaharani.co.id. Pemberian nama sesuai dengan tema website, membuat pengunjung merasa “nyambung”, bahkan jika terlihat menarik, nama website mudah dihafalkan oleh pengunjung.

Sebuah hal unik yang mungkin dialami adalah ketika membangun website tanpa tema yang jelas. Atau pun tema yang diusung sesuai dengan trend pada mesin pencari. Webmaster pun akhirnya bebas menentukan nama yang cocok, misalnya saja oplosan.net.

Kata Populer

Kata populer merupakan hal wajib dalam memilih nama domain. Nama domain harus dikenali target pengunjung website Anda. Jika target pengunjung berasal dari Indonesia maka sebaiknya digunakan nama yang berasal dari kata bahasa Indonesia. Pemberian nama domain dengan bahasa asing menjadikan pengunjung merasa “gak nyambung”.¬† Misalnya saja nama domain kucing.com lebih baik dibanding thecats.com untuk target pengunjung di Indonesia. Sebaliknya thecats.com lebih baik digunakan di daerah berbahasa Inggris.

Kurang Dari Lima Suku Kata

Pemilihan nama domain haruslah kurang dari 5 suku kata. Keuntungan dari memilih nama domain yang kurang dari lima suku kata adalah mudah dihafalkan oleh pengunjung. Misalnya bukalapak.com lebih mudah dihafalkan dibandingkan dengan bukakiosonline.com. Memilih nama domain kurang dari 5 suku kata banyak dilakukan oleh webmaster profesional. Namun adakalanya jika nama domain yang kurang dari lima suku kata sudah tidak ada lagi maka pilihlah kata yang sesuai dengan tema website (walaupun agak panjang).

Bernilai Historis

Jika Anda rajin walking-walking dari satu web ke web yang lain, ada kalanya menemukan nama yang “tidak populer” sebut saja nama website ini (indomangga). Terdengar tidak akrab di telinga dan tidak jelas temanya. Bisa jadi indomangga adalah nama yang memiliki nilai historis bagi webmasternya. Nama dengan nilai historis tinggi hanya bisa dipahami oleh webmasternya.

Sedikit cerita tentang indomangga, nama domain tersebut merupakan nama yang dibuat ketika musim buah mangga di Indonesia. Begitu kayanya Indonesia dengan buah mangga sehingga perlu dibuat website indomangga. Lho, tapi kenapa isinya tidak tentang mangga? STOP, nama indomangga terlalu berharga untuk digantikan, sejuta kenangan webmaster bersama indomangga.

Domain ID Lebih Terpercaya

Satu ini harus dipahami oleh pengunjung website, bahwa biarpun gTLD (generic Top Level Domain) lebih sering digunakan oleh website internasional, lebih aman memilih domain ID (bagi pengunjung dari Indonesia). Alasan utama dari kepercayaan ini adalah PANDI (otoritas pengelola domain Indonesia) mensyaratkan pengumpulan scan dokumen sekurang-kurangnya KTP untuk pemilik domain ID. Semua domain ID terdata pemiliknya, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk melakukan pelanggaran hukum/penipuan.

Berbeda halnya dengan .com yang lebih lama digunakan. COM merupakan ekstensi domain yang populer di dunia tetapi pemiliknya tidak terdata di Indonesia, dan sukar dijerat dengan hukum di Indonesia. Oleh sebab itu pilihlah domain ID karena lebih kredibel.

Referensi Tulisan

https://pandi.id