Tips Membuat Website Berkualitas

Website Berkualitas

Website adalah seperti rumah pada internet. Setiap orang dapat mengunjunginya, masuk dan melihat isi rumah tersebut. Pengunjung dapat merasakan “taste” tersendiri ketika mengunjungi sebuah website. Taste dari website ditentukan oleh kualitas website itu sendiri. Website berkualitas tentunya dibuat dengan rancang bangun berorientasi pada kenyamanan pengunjung. Sebaliknya, website yang tidak mementingkan kenyamanan dari pengunjung akan terasa kurang berkualitas.

alexa-idmG

alexa-idmG


Artikel ini akan memberikan paparan beberapa prinsip dasar membuat website yang berkualitas, berdasarkan studi pada beberapa website ternama yaitu google.com, youtube.com, facebook.com, baidu.com, dan wikipedia.org (berdasarkan Top 500 Global Site Alexa -12/09/2018). Lima website tersebut memiliki 4 indikator kualitas, yang selanjutnya saya jadikan sebagai empat prinsip membangun website berkualitas.

Keamanan Website

Berdasarkan analisis dari Qualiys SSL Labs, google.com memperoleh grade A. Sedangkan youtube.com memperoleh A+, facebook.com memperoleh B (terkena penalti), baidu.com memperoleh B (terkena penalti), wikipedia.org memperoleh A+. Berdasarkan fenomena tersebut maka untuk membangun website yang memiliki kualitas baik, sekurang-kurangnya harus memiliki grade B di SSL Labs. SSL Labs sendiri merupakan wadah uji keamanan dari website yang terfokus pada keamanan transfer data-data sensitif dari pengunjung ke server website, misalnya password dan nomor kartu kredit.

google-idmG

google-idmG

Performa Website

Website berkualitas memperhatikan performa halamannya. Berdasarkan analisis dari GTMetrix (12/09/2018) google.com memiliki skor 91 dan 96. Youtube mendapat skor 52 dan 72. Wikipedia mendapatkan skor 88 dan 87. Baidu mendapatkan skor 96 dan 88. Facebook.com mendapatkan skor 83 dan 85. Sehingga dapat kita ambil kesimpulan dari fenomena ini, bahwa performa halaman website sekurang-kurangnya memiliki skor 83 dan 85 pada GTMetrix. Khusus untuk halaman yang memiliki konten berat seperti Youtube, kaya video, sekurang-kurangnya mendapatkan skor 50 dan 70.

Konten Bermanfaat

Kajian terhadap 5 website terpopuler mengarakan saya untuk mengatakan bahwa konten dimiliki website berkualitas. Google.com dan Baidu.com memiliki kualitas konten yang sangat baik pada akurasi hasil pencariannya. Youtube memiliki kualitas konten video dan streaming yang sangat baik. Facebook memiliki kualitas konten sosial yang sangat baik, dan wikipedia memiliki kualitas konten yang sangat baik pada keluasan pengetahuannya.

Interaktif

Lima website paling populer menunjukkan banyak interaksi dengan pengunjung. Seolah-olah halaman website berbicara dengan mereka (pengunjung). Google berbicara dengan pengunjung melalui cara “ketik di kolom” ditambah “enter”, maka seketika permintaan pengunjung terpenuhi. Pola interaksi Google mirip dengan interaksi Baidu. Facebook memiliki pola interaksi yang lebih kompleks dimana pengunjung dibawa untuk berkomunikasi dengan facebook dan pengguna lain. Youtube, membawa pengunjung berinteraksi denganpengunjung lain melalui media video. Intinya, website populer adalah website yang menjadikan interaksi dengan pengunjung sebagai prioritas.

Referensi Tulisan

https://ssllabs.com
https://gtmetrix.com
https://alexa.com