Zorin OS, Alternatif Migrasi Ke Linux

Jika Anda ingin bermigrasi dari Windows ke Linux, tetapi masih membutuhkan kompatibilitas dan aplikasi Windows, Zorin OS mungkin menjadi solusinya. Zorin memposisikan dirinya sebagai alternatif untuk Windows, “dirancang untuk membuat komputer Anda lebih cepat, lebih kuat, dan aman.”

Ternyata misi Zorin di atas benar adanya, https://distrowatch.com juga menuliskan hal senada bahwa Zorin memang dirancang menyerupai Windows.

Zorin OS is an Ubuntu-based Linux distribution designed especially for newcomers to Linux. It has a Windows-like graphical user interface and many programs similar to those found in Windows. Zorin OS also comes with an application that lets users run many Windows programs. The distribution’s ultimate goal is to provide a Linux alternative to Windows and let Windows users enjoy all the features of Linux without complications.

kodi aplikasi zorin os

Zorin Mampu Menjalankan Aplikasi Windows

Ketika distro membuat klaim seperti itu, itu bisa berarti beberapa hal. Kebanyakan distribusi berhenti menguliti tema agar menyerupai Windows XP, tanpa benar-benar membawa dukungan untuk ekosistem Windows. Pengguna tertarik pada distribusi semacam itu, tetapi ini mengarah ke rasa menyesal pembeli ketika mereka tidak dapat membawa beban kerja yang ada ke Linux.

Pada kenyataannya, memang tidak semua aplikasi Windows dapat dibuka menggunakan Linux, namun Zorin ingin membuat semuanya berbeda. Zorin berusaha membuat eks-pengguna Windows merasa nyaman dengan melakukan built-in Wine pada sistem. Melalui program “PlayOnLinux” aplikasi windows dijalankan. Kebanyakan yang cocok adalah aplikasi game dan aplikasi perkantoran.

Paket aplikasi bawaan Zorin sebenarnya sudah lebih dari cukup. Keperluan kantor dipercayakan pada LibreOffice, Calendar, Homebank, FreeCAD, Slack, Planner, ViewYourMind, dan referencer. Keperluan kreatif semisal grafis dipercayakan pada GIMP, Blender 3D, MyPaint, Inkscape. Paket lengkap dari Zorin OS ada dalam versi Ultimate, dan dijelaskan secara singkat di https://zorinos.com.

Zorin OS dan Popularitasnya

Zorin OS merupakan open source yang dibiayai oleh salah satu departemen Amerika Serikat. Walaupun demikian, Zorin mencantumkan jaminan privasi pada pengguna dan memastikan bahwa tidak ada sistem pelacak pada Zorin. Sehingga Zorin dipercaya pengguna, dan setidaknya mampu masuk dalam 15 besar distro Linux yang sering diakses, sebagaimana dirilis oleh Distrowatch.

Keberadaan Zorin hingga artikel ini ditulis, popularitasnya tidak lebih baik daripada Manjaro, Mint, Elementary, Ubuntu, dan Debian. Rating dari para reviewers pada laman Distrowatch pun menunjukkan skor 7,9 untuk Zorin.