Tips Browsing Aman Lewat Notifikasi Secure Website

Mengapa Harus Browsing Aman ?

Browsing internet merupakan kebutuhan wajib di tahun abad 21, tentu yang dimaksud adalah browsing aman. Browsing aman berarti pengguna tidak menderita kerugian ketika menjelajah internet. Pengguna juga tidak merasa privasi mereka dicuri oleh orang lain. Sehingga penting bagi pengguna internet untuk memahami keamanan saat browsing.

Keamanan Transfer Data Saat Browsing

Keamanan browsing merupakan salah satu topik yang hangat dibicarakan oleh perusahaan sekuritas. Topik dimaksud mengerucut pada keamanan transfer data antara pengguna dengan website yang dibuka. Lalu lintas data internet banyak membawa data sensitif, yaitu password dan nomor kartu kredit. Data tersebut bisa dilihat oleh hacker apabila tidak ada paket pengamanan yang menyertai data sensitif. Secara sederhana, pengaman data akan mengacak data sehingga sulit terbaca hackers, sebaliknya data yang tidak disertai pengaman akan terlihat jelas oleh hackers. Tentunya hackers akan memanfaatkan data tersebut untuk kepentingan pribadi.


Topik tentang keamanan transfer data dimaksud kemudian direspon oleh para pembuat aplikasi browser seperti Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge, dan Opera. Semua pembuat aplikasi browser bersepakat untuk memberi tanda keamanan ketika pengguna internet mengunjungi sebuah website. Tanda tersebut biasanya tersemat di kolom url atau alamat website. Pada umumnya aplikasi browser memberikan tanda kunci yang tertutup untuk menandakan bahwa website yang sedang dikunjungi memiliki pengaman. sementara untuk website yang tidak memiliki pengaman ditandai dengan kunci terbuka. Website yang memiliki keamanan (Secure Website) memiliki sertifikat yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi keamanan. Sertifikat tersebut dikenal dengan sertifikat SSL.

Tentang HTTP dan HTTPS

Salah satu penyedia hosting di Indonesia menjelaskan tentang http dan https sebagai berikut:

Https bukan protokol yang terpisah, tetapi mengacu pada kombinasi dari interaksi HTTP normal melalui Socket Layer terenkripsi SSL (Secure) atau Transport Layer Security (TLS) mekanisme transportasi. Hal ini menjamin perlindungan yang wajar dari penyadap dan (asalkan dilaksanakan dengan benar dan otoritas sertifikasi tingkat atas melakukan pekerjaan mereka dengan baik) serangan. – https://beon.co.id/

Tanda ‘Secure Website’ di Google Chrome

Browser besutan Google ini memberikan tiga kategori tanda terkait dengan keamanan koneksi internet:

  • Lock
      Secure (koneksi internet aman)
  • Information
      Info or Not secure (ada catatan atau koneksi kurang aman)
  • Dangerous
      Not secure or Dangerous (tidak aman atau koneksi berbahaya)

Berikut ini tanda keamanan koneksi ketika menggunakan google chrome saat mengunjungi beberapa website.

browsing aman di indomangga.web.id

Ketika mengnjungi website https://indomangga.web.id, browser google chrome menunjukkan dengan tulisan “Aman” disertai dengan Kunci Hijau menunjukkan bahwa website tersebut aman untuk pengguna menuliskan password ataupun data sensitif lain seperti nomor kartu kredit.

tips-browsing-aman
not_fully_secure_connection_chrome

Ketika mengnjungi website https://indomangga.blogspot.com, browser google chrome menunjukkan notifikasi tanda “huruf i dalam lingkaran” menunjukkan bahwa website tersebut tidak sepenuhnya aman. Penjelasan tentang kerawanan website tersebut dituliskan setelahnya.

Tanda Secure Website di Microsoft Edge

Microsoft Edge merupakan browser buatan microsoft yang didaulat sebagai browser default dari OS Windows 10. Edge diklaim lebih memberikan kenyamanan dan keamanan dibanding pendahulunya yaitu Internet Explorer. Berikut ini tampilan notifikasi keamanan Microsoft Edge ketika mengunjungi beberapa website.

browsing aman di internet

Kunjungan dengan Microsoft Edge diawali dari https://wordpress.com, setelah loading halaman selesai muncul tanda Kunci Hijau disertai dengan nama perusahaan. Tanda tersebut diartikan sebagai koneksi website yang dikunjungi aman dengan kredibilitas sangat tinggi.

notifikasi browsing aman
grey_lock_microsoft_edge

Tur selanjutnya dilanjutkan dengan mengunjungi https://www.libreoffice.org , notifikasi keamanan koneksi Microsoft Edge menunjukkan Kunci berwarna Abu-abu. Tanda tersebut dimaknai bahwa koneksi pada website aman dengan kredibilitas tinggi.

Secure Website di Mozilla Firefox

Firefox merupakan web browser handal buatan Mozilla, yang juga menjamin browsing aman pengguna internet. Berikut ini beberapa notifikasi keamanan pada Firefox browser.

tips browsing aman
secure_lock_mozilla_firefox

Kunjungan pada https://teraa.net menampilkan tanda Kunci Hijau pada kolom URL (addres bar). Tanda tersebut menunjukkan bahwa koneksi pada website teraa.net aman untuk transaksi online, termasuk aman untuk data sensitif pengguna.

notify_mozilla_firefox
notify_mozilla_firefox

Kunjungan pada https://indomangga.blogspot.com menampilkan tanda notifikasi Kunci Hitam dengan Segitiga Kuning. Tanda tersebut berarti bahwa website yang dikunjungi kurang aman pada sebagian konten, misalnya saja gambar. Penjelasan bagian konten yang tidak aman biasanya disertakan dalam penjelasan dari web browser.

unsecure_mozilla_firefox
unsecure_mozilla_firefox

Kunjungan pada http://indomangga.web.id menampilkan notifikasi Kunci Hitam dengan Garis Miring Merah pada kolom url. Tanda tersebut mengindikasikan bahwa website yang sedang dikunjungi memiliki koneksi yang tidak aman untuk data sensitif. Keterangan lainnya biasa disertakan oleh web browser pada informasi tab lanjutannya.

Secure Website di Browser Lain

Aplikasi browsing internet jumlahnya cukup banyak, Google Chrome, Microsoft Edge, dan Mozilla Firefox adalah yang paling biasa digunakan. Sementara Opera, Maxthon, Sea Monkey dll juga memperhatikan keamanan browsing sesuai dengan pengembangan masing-masing. Secara umum, semua browser juga memberikan notifikasi keamanan pda penggunanya.

Referensi Tulisan

  • https://beon.co.id/news/apa-sih-bedanya-http-dan-https-pelajari-disini
  • https://lh3.googleusercontent.com/