Tambah Penghasilan Tanpa Harus Bekerja

Tambah Penghasilan atau penghasilan tambahan merupakan salah satu komponen penting dalam meraih kebebasan finansial. Tambah penghasilan ini bisa dengan mudah diperoleh tanpa harus mengeluarkan keringat sebagaimana buruh-buruh pabrik bekerja. Namun, jangan pernah berpikir bahwa untuk memenuhi kebutuhan hidup tidak perlu bekerja. Kebebasan finansial adalah sebuah hasil pantas bagi mereka yang telah bekerja keras.

Tung Desem Waringin, motivator bisnis, sering mengemukakan hal ini dalam setiap presentasinya. Beliau, Pak Tung, mengungkapkan bahwa setiap orang memerlukan Passive Income, yaitu tambah penghasilan yang bukan kita yang bekerja, melainkan faktor produksi yang kita miliki. Sebagaimana ajaran Robert T Kiyosaki, bahwa Passive Income dapat diperoleh jika seseorang memiliki sebuah pabrik sendiri atau menjadi investor.

tambah penghasilan passive income

Lima Sumber Tambah Penghasilan Tanpa Bekerja

Para motivator bisnis menyatakan bahwa sumber pendapatan tanpa bekerja adalah :

  • Bisnis yang berjalan otomatis, misalnya franchise, contoh Indomaret, Alfamart, KFC, dan McDonald
  • Network Marketing atau Jejaring Pemasaran, seperti MLM
  • Investasi pada saham dan surat berharga
  • Property yang disewakan
  • Royalty

Kelima sumber pendapatan ini dapat dimiliki tentunya setelah bekerja keras (kecuali dapat warisan). Misalkan saja, untuk bisa memiliki franchise, saham, property, dan royalty, maka seseorang wajib mengumpulkan modal terlebih dahulu. Artinya bersakit-sakit dahulu baru kemudian bisa duduk tenang.

Besar Pendapatan Dari Passive Income

Ada pepatah yang menyatakan “Semakin Besar Risiko, Semakin Besar Pula Yang Didapatkan“. Semakin besar risiko juga menyebabkan waktu tersita, karena khawatir mengalami kerugian. Dengan demikian secara kasar dapat diambil kesimpulan bahwa besar pendapatan dari Passive Income tidak sebesar modal yang diinvestasikan. Namun, dalam jangka waktu yang lama bisa jadi berlipat ganda.

Passive income tetap harus berdampingan dengan active income. Artinya bahwa selain memiliki pendapatan pasif, kita juga harus tetap memiliki pekerjaan tetap. Saya mengibaratkan keduanya seperti kaki kanan dan kaki kiri. Untuk dapat terus berjalan memerlukan kerjasama dan kinerja yang baik dari keduanya. Walaupun tambah penghasilan sudah jauh di atas penghasilan utama (active income), active income tetap diperlukan untuk keperluan lain, misalnya status sosial.

Alhasil , itulah ulasan lengkap terkait Tambah Penghasilan Tanpa Harus Bekerja dengan memperhatikan berbagai sumber dan nasihat dari motivator bisnis dari dalam maupun luar negeri. Semoga bermanfaat.