Mengecilkan Ukuran PDF Dengan LibreOffice Writer

Mengecilkan Ukuran PDF

Dalam beberapa kasus, kita terkadang diharuskan untuk mengatur ukuran file PDF yang dimiliki. Biasanya hal tersebut terjadi saat mengunggah file PDF ke website tertentu. Admin website biasanya mengisyaratakan ukuran PDF lebih kecil dari 200 kb untuk menghemat penyimpanan di server. Hal tersebut wajib kita lakukan, jika tidak, maka file yang kita unggah akan tertolak (gagal upload). Ada banyak cara untuk mengecilkan ukuran PDF, salah satunya menggunakan LibreOffice Writer.

File PDF dari Gambar

Umumnya file PDF tersusun dari 2 komponen, yaitu tulisan dan gambar. Komponen file berupa tulisan memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak perlu dikecilkan lagi. Sebaliknya, file PDF dari gambar memiliki ukuran yang besar bergantung pada resolusi gambar. Apabila sebuah dokumen merupakan kombinasi tulisan dan gambar, maka kita masih memiliki peluang untuk mengecilkan ukuran gambar. Sehingga masih bisa memangkas ukuran hingga 70% dari ukuran file semula (umumnya).

idmg_libreoffice

idmg_libreoffice

Hasil Scan Dokumen

Hasil scan dokumen memiliki 3 kemungkinan hasil yaitu disimpan sebagai PDF, Image, atau lainnya. Misalnya saya menscan ijazah kemudian diunggah dengan syarat kurang dari 200 kb.
Maka pilihan pertama yang bisa saya tempuh adalah menscan dan langsung menyimpan outputnya dalam bentuk PDF. Jika output PDF berukuran besar, maka saya bisa melakukan scan ulang dengan resolusi yang lebih kecil. Dalam hal ini kita bisa menurunkan DPI dari output, melalui setelan scan.

Mengecilkan PDF Menggunakan LibreOffice Writer

Namun jika dalam keadaan memiliki hasil scan ijazah berekstensi JPG atau IMG berukuran besar, maka kita bisa memanfaatkan software gratis/Open Source LibreOffice Writer.
Caranya mudah, lakukan langkah berikut:

  1. Install LibreOffice, jika tidak memiliki installernya, bisa download di https://www.libreoffice.org
  2. Buka LibreOffice Writer.
  3. Copy dan paste-kan gambar ijazah Anda ke dalam dokumen LO Writer
  4. Atur ukuran gambar ijazah supaya memenuhi lembar dokumen LO Writer
  5. (lebih aman simpan dulu file tersebut dalam bentuk .odf)
  6. Ekspor dokumen dalam bentuk .pdf dengan kompresi gambar 50%,
  7. OK untuk ekspor
idmg_libreoffice_mengecilkan_ukuran_pdf

idmg_libreoffice_mengecilkan_ukuran_pdf

Berikutnya adalah cek file PDF output lebih besar atau sesuai dengan yang disyaratkan (misalnya 200 Kb). Jika belum sesuai, maka Anda bisa ekspor file dengan kompresi gambar lebih kecil dari 50%, misalnya 35%. Selanjunya cek ulang kiuran file output, jika sesuai maka Anda harus bersyukur.

Referensi Tulisan

Pengalaman pribadi penulis.