Review Distro Puppy Linux

Apa itu Puppy Linux?

Linux adalah sistem operasi komputer yang bebas, dan Puppy Linux adalah sistem operasi yang dibangun dengan Linux untuk membuat berkomputer menjadi mudah dan cepat. Puppy diprakarsai oleh Barry Kauler dan pertama kali rilis pada Juni 2003. Puppy linux memiliki lisensi GPL/LGPL, sehingga banyak pemerhati yang juga ingin berkontribusi mengembangkan Puppy. Bahkan, pengembangan Puppy terkini dilakukan oleh komunitas.

Pandangan Distrowatch?

  • Berdasarkan analisis distrowatch, Puppy merupakan,
    • Jenis Sistem Operasi: Linux
    • Berdasarkan: Independent
    • Sumber: Australia
    • Arsitektur: i386, x86_64
    • Desktop: JWM, Openbox
    • Kategori: Desktop, Old Computers, Live Medium, Netbooks
puppy linux front screen
puppy_linux

Kekhususan Sistem Operasi

  • Puppy memiliki ukuran kurang lebih 100 Mb, hal itu membuatnya menjadi sangat berguna dan unik.
  • Mampu booting secara live melalui media CD, DVD, USB Flashdisk maupun media portable lainnya.
  • Berjalan menggunakan RAM, sehingga memberikan kecepatan yang luar biasa pada komputer lama maupun netbook.
  • Memerlukan spesifikasi komputer yang sangat rendah.
  • Waktu booting kurang dari satu menit, bahkan kebanyakan berkisar 30-40 detik.
  • Memuat banyak aplikasi meliputi pengolah kata, pengolah angka, browser, chat, dan peralatan berguna lainnya.
  • Puppy Linux sangat mudah digunakan dan membutuhkan sedikit pengetahuan untuk mengoperasikannya. Hal ini dikarenakan sebagian besar hardware dapat dideteksi oleh puppy.

Testimoni tentang Puppy

The Best Operating System: Puppy Linux is the fastest and best OS in the world and my primary OS… it actually gives you free time because of its speed.
– Mark Biernat

The real Puppy, the mascot for Puppy Linux, was a very tiny dog, a Chihuahua, but totally fearless. He didn’t seem to know that he was vulnerable because of his small size. Once when my sister was visiting my country property, she brought her Blue Heeler, a very solid middle-sized dog named Muti. We were out walking, and suddenly there was a substantial rustling of branches of a large bush, something was in or behind the bush. Muti took fright and ran back behind the legs of my sister, whereas Puppy got into launch position in front of the bush and barked furiously. It turned out to be my dad playing a trick on the dogs. Puppy used to chase kangaroos and other big wild animals. Anyway, Puppy Linux is like that, reckless, unshackled, in memory of the mascot. – Barry Kauler

Analisis ‘Admin’ terhadap Puppy

Berdasarkan studi informasi dari beberapa laman dan testimoni. Ada keunggulan Puppy Linux terkait kecepatan dan portabilitas. Ukuran file yang kurang dari 300 Mb membuat seluruh file sistem berjalan di RAM. Alhasil kecepatannya lebih baik dibandingkan sistem operasi yang berukuran lebih besar. Ukuran file yang kecil juga membuat Puppy dapat diduplikat dengan mudah, terlebih mampu berjalan secara live dari CD, DVD, maupun storage media lain. Berdasarkan ujicoba menjalankan Puppy Linux di sebuah laptop lama menggunakan sebuah USB Flashdisk 2.0, sistem operasi ini berjalan dengan sangat baik tanpa gangguan berarti.

Referensi Tulisan

  1. http://puppylinux.org/
  2. https://distrowatch.com/
  3. https://www.youtube.com/channel/UCIme1suHyN7cAGrTy8RBdhQ

4 thoughts on “Review Distro Puppy Linux”

  1. Pengalaman saya memakai XenialPup sangat mengesankan. Melalui USB Flash saja booting berlangsung dengan cepat, dan ringan dalam menjalankan aplikasi bawaannya. Hanya saja ada sedikit kendala dalam menggunakan perangkat WiFi, namun bisa ditemukan solusinya melalui forum puppy. Thanks

    1. Puppy linux memang memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh distro lainnya. Thanks komentarnya Xubuntuers.

    1. @TERAA: Sekarang juga sudah rilis Puppy Bionic Beaver yang kompetibel dengan ubuntu 18.04. Uniknya yang buat adalah komunitas…bukan official,

Komentar ditutup.