Cara Mempercepat Download Menggunakan HP Android

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar atau mengalami download lemot. Ternyata, banyak sebab yang membuat koneksi internet menjadi berkurang. Pada posting kali ini, diulas tentang “Cara Mempercepat Download Menggunakan HP Android“. Sehingga, pastikan untuk membaca tuntas artikel sampai habis, biar tidak gagal paham.

Baca artikel menarik lain: Tiga Penyebab Tidak Sukses Menjadi Blogger dan GTMetrix Dan Lighthouse Dua Tools Terbaik 2020.

Cara Mempercepat Download Menggunakan HP Android

Sebelum membahas cara mempercepat download, ada tiga faktor utama yang mempengaruhi kecepatan download yaitu (1) jarak server, (2) bandwidth, dan (3) kecepatan koneksi internet. JARAK SERVER dimana file disimpan dengan lokasi Anda mendownload, apabila terlalu jauh maka ada latensi yang diterima. Latensi membuat server yang diakses terasa lebih lama, bahkan download tidak kunjung dimulai. Untuk melakukan cek lokasi server, dapat menggunakan https://www.iplocation.net.

BANDWIDTH adalah seberapa besar akses terhadap server penyimpan file. Ketika beberapa user berusaha mendownload dari satu server, maka bandwidth akan dibagi merata. Semakin banyak user yang download dalam waktu yang bersamaan, maka akan menjadi lambat karena keterbatasan bandwidth.

Cara Mempercepat Download Menggunakan HP Android

KONEKSI KECEPATAN INTERNET yang dipakai user menentukan seberapa cepat download berlangsung. Silahkan melakukan cek kecepatan koneksi dengan menggunakan SpeedTest by Ookla. Sehingga user dapat memenuhi hasrat download cepat apabila 3 faktor di atas dalam kondisi optimal, artinya Jarak Server DEKAT, Server BANDWIDTH besar, dan KONEKSI INTERNET user cepat.

Memanfaatkan HP Untuk Mempercepat Download

Jadi skenarionya adalah menggunaan HP untuk melakukan download file. Sehingga, file terdownload akan berada di dalam storage. Atau jika ingin file langsung ke PC/Laptop, HP bisa digunakan sebagai hotspot. Kemudian lakukan langkah berikut:

  1. Koneksi HP Anda harus koneksi tercepat, yaitu 4G ke atas. Jika berada di lokasi yang sinyal tidak stabil, maka dapat mengunci koneksi terbaik dengan mengaktikfkan Mode Pesawat selama 3 detik, lalu menonaktifkan Mode Pesawat kembali.
  2. Pastikan jarak server website dan bandwidth optimal. Sederhananya, cari waktu terbaik untuk download (ketika orang lain sedikit yang download).
  3. Mulailah download dengan berdo’a. Semoga keberuntungan selalu menyertai Anda saat download.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah HP Android dapat menjadi solusi ketika download mulai lambat. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.