Kegiatan Awal Ramadhan, 12 Yang Paling Berkesan

Salam Semangat. Sahabat pasti berpengalaman dengan Ramadhan Ternyata, ada beberapa moment dalam awal bulan Ramadhan yang memberikan kesan tak terlupakan. Pada posting kali ini, diulas tentang “12 Kegiatan Awal Ramadhan Paling Berkesan“. Sehingga, pastikan untuk membaca tuntas artikel sampai habis, biar tidak gagal paham.

Baca juga artikel terbaru Indomangga tentang Cara Mendapatkan Kartu Prakerja dan Cara Melihat Pengumuman SNMPTN 2020.

Kegiatan Awal Ramadhan, 12 Yang Paling Berkesan

1. Sidang Penentuan Awal Ramadhan

Kegiatan ini memang bukan dilakukan seluruh umat, melainkan kegiatan para ulama, ahli, dan pejabat kementrian agama. Kegiatan ini bertujuan untuk menentukan awal bulan Ramadhan. Kegiatan ini menjadi berkesan lantaran seluruh stasiun televisi menyiarkan kegiatan ini. Wah, jadi kapan lagi dapat menyaksikan para tokoh muslim bermusyawarah demi umat. Itulah yang membuat kean positif dari kegiatan penentuan awal Ramadhan.

2. Tarawih Pertama

Shalat tarawih adalah shalat sunnah yang dikerjakan setelah Isya’ dan hanya ada pada bulan Ramadhan. Sehingga, tidak diragukan lagi jika Shalat tarawih adalah salah satu yang ditunggu oleh semua umat muslim. Seorang muslim ada yang mengerjakan 8 rakaat dan ada yang 20 rakaat, sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Shalat tarawih biasanya dilakukan secara berjamaah, jika tidak ada halangan. Namun pada masa pandemi Corona 2020, beberapa ulama sudah menyatakan bahwa shalat tarawih bisa dilakukan secara sendiri-sendiri. Nah, pastinya Shalat Tarawih pertama akan memberikan kesan tersendiri sesuai dengan keadaan, apalagi di masa Pandemi COVID-19.

3. Tadarus Al-Qur’an

Tadarus Al-Quran adalah kegiatan rutin yang dilakukan setelah shalat tarawih berjamaah. Seorang muslim sangat dianjurkan untuk dapat khatam 30 juz selama bulan Ramadhan. Sehingga, umat muslim pun secara bergotong royong melakukan anjuran tersebut. Secara bergantian mereka melafadzkan ayat suci Al-Qur’an dengan merdu.

Terlebih, selama melakukan tadarus, biasanya ada saja penderma yang menyajikan makan dan minuman untuk peserta tadarus. Alhasil, banyak yang bertahan hingga jam 9 atau 10 malam. Uniknya, hal ini hanya bisa ditemukan selama bulan Ramadhan.

4. Sahur Perdana

Apa yang menarik dari sahur di awal bulan Ramadhan? Yang pasti, umat muslim akan berjuang supaya bangun tepat waktu dan bisa sahur tepat waktu pula. Nah, demi mewujudkan itu, tidak jarang seorang muslim mempersiapkan menu sahur perdana dari jauh-jauh hari. Mereka berbelanja sekiranya menu sahur cukup untuk dimakan sekeluarga.

Menu awal Ramadhan biasanya lebih mewah dan berkesan dibandingkan saat pertengahan atau menjelang akhir Ramadhan. Sehingga sebagian muslim akan menganggap awal bulan lebih berkesan dalam hal sahur.

5. Mendengar Tarhim Subuh

Assholatu wassalamu alaik, ya imama mujahidin. Itulah yang didengar saat masuk waktu imsak. Inilah yang biasa menyentuh hati, suara sayup-sayup di tengah keheningan pagi hari. Apalagi dengan hati yang tenang, duduk di depan rumah memandang keadaan yang masih gelap dan sunyi. Hadirnya suara tarhim serasa meningkatkan nilai keimanan dalam hati. Namun, uraian di atas bisa jadi berbeda dengan dengan Anda.

6. Dzikir Hingga Matahari Terbit

Sebagian umat muslim, sengaja berdiam di masjid setelah shalat subuh. Mereka mengisi waktu tersebut untuk melakukan dzikir kepada Allah swt. hingga waktu matahari terbit. Kemudian disambung dengan shalat Dhuha. Selain karena masih kenyang karena baru saja sahur, moment Ramadhan adalah waktu dimana pahala ibadah dilipat gandakan. Sehingga tidak boleh disia-siakan untuk kegiatan selain ibadah.

7. Jalan-Jalan Pagi

Setelah sahur, tentunya perut merasa kenyang dan enggan untuk tidur kembali. Maka banyak orang memanfaatkan waktu setelah sahur untuk berjalan-jalan. Ada yang berjalan disekitar rumah saja, sekedar menurunkan isi perut. Adapula yang berjalan-jalan hingga beberapa kilometer untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jalan-jalan pagi memang biasa dan bisa dikerjakan kapan saja. Tetapi jalan-jalan pagi setelah makan sahur, tentu hanya bisa dilakukan selama bulan Ramadhan. Lebih berkesan lagi, yang jalan-jalan bukan cuma kita, tetapi juga tetangga dan orang lain.

8. Mendengarkan Lagu Ramadhan

Lagu Ramadhan adalah memberikan ciri khas tersendiri, serta memperkuat aura beribadah di bulan Ramadhan. Banyak musisi islam yang memiliki lagu bertema Ramadhan, diantaranya adalah Opick, Hadad Alwi, Maher Zain, D’Massive, dan SNADA. Berikut ini adalah lirik lagu Ramadhan Tiba, yang dinyanyikan oleh Opick.

Ramadhan tiba 3X
Marhaban Ya Ramadhan 4X

Ramadhan tiba 3X
Marhaban Ya Ramadhan 4X

Ramadhan tiba semua bahagia
Tua dan muda bersuka cita
Bulan ampunan bulan yang berkah
Bulan terbebas api neraka

Andaikan saja Ramadhan semua
Bulan yang tiba bulan yang ada
Karena besarnya setiap pahala
yang di janjikan kepada kita

Marhaban Ya Ramadhan 4X

Dalam bersahur ada pahala
Dalam berbuka alangkah indah
Menahan diri menahan lidah
Menjaga hati menjaga mata

Banyakkan amal hari-harinya
Pahala datang berlipat ganda
Berlomba-lomba untuk ibadah
Dunia bahagia surga nanti gantinya

Ramadhan tiba 3X
Ramadhan tiba 3X

Dan semoga setiap jiwa
Diberikan ampunan-Nya
Dan semoga hapus semua
Kesalahan setiap jiwa

Marhaban Ya Ramadhan 4X

9. Tidur Siang

Tidur siang waktu puasa, nikmatnya terasa berkali lipat. Apalagi ditempat yang teduh dengan semilir angin. Hmm, pastinya akan serasa ngantuk terus hingga jam berbuka tiba. Namun, jangan sampai lupa untuk melakukan ibadah wajib karena tidurnya keenakan.

Mengapa terasa sangat nikmat? Karena tubuh cenderung untuk mengurangi aktifitas berlebihan. Dikarenakan tubuh hanya memiliki stok air dan stok energi tidak sebesar biasanya, pada siang hari. Sehingga terasa lebih cocok dengan aktifitas yang lebih “slow“. Hal ini bukan berarti mengurangi profesionalitas saat bekerja lhoo!

10. Mandi Sore Di Hari Pertama

Mandi sore kog berkesan? Situ gak pernah mandi ya? Tapi bukan itu yang menyebabkan mandi sore masuk dalam 12 kegiatan yang paling berkesan. Penyebabnya adalah kondisi tubuh yang belum terbiasa kondisi puasa akan mengalami rasa dahaga yang amat sangat.

Alhasil, ketika mandi atau mengguyur air di badan. Terasa sangat nikmat, seakan-akan setiap sel tubuh meminum setiap tetes air yang melewati kulit. Ini tidak terjadi pada setiap orang, kebanyakan dialami oleh muslim anak-anak dan remaja. Untuk yang dewasa? mungkin sudah kebal.

11. Ngabuburit Sambil Menunggu Waktu Berbuka

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu datangnya berbuka puasa. Ngabuburit bukan merupakan kewajiban, namun masyarakat biasanya menggunakan waktu antara jam 16.00 – 17.30 untuk jalan-jalan sekedar ingin melihat alam sekitar atau berbelanja untuk berbuka.

kegiatan awal ramadhan paling berkesan

Ngabuburit menjadi waktu yang sangat berkesan karena bisa bersama-sama keluarga atau teman. Saat berbincang dan bercerita dalam suasana puasa inilah yang sulit tergantikan pada waktu lain. Mungkin sekilas setiap sore suasananya mirip, namun bagi yang sempat membandingkan, ternyata ada semacam “aura” tersendiri dari seorang yang berpuasa pada sore hari.

12. Berbuka Puasa Perdana

Setelah berjuang menahan lapar dan dahaga seharian penuh. Kini tibalah saatnya untuk lebih mensyukuri nikmat diantara kondisi lapar dan kenyang. Berbuka puasa adalah kondisi dimana seorang muslim yang berpuasa telah diperbolehkan untuk makan dan minum.

Nah, berbuka puasa pertama sering menjadi momen yang tak terlupakan. Hal ini disebabkan karena kondisi tubuh yang belum terbiasa berpuasa, mengalami masa puasa. Sehingga dahaga dan lapar akan terasa berlebih. Dibandingkan dengan puasa pada pertengahan Ramadhan, masa awal Ramadhan lebih menimbulkan nafsu saat berbuka.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah awal Ramadhan adalah momen berkesan yang layak ditunggu kehadirannya. Terima kasih telah membaca artikel “12 Kegiatan Awal Ramadhan Paling Berkesan” ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.