Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar istilah Kartu Prakerja. Istilah ini populer karena sering disebut Presiden Jokowi sebagai salah satu solusi terkait lapangan pekerjaan. Pada posting kali ini, diulas tentang “Cara Mendapatkan Kartu Prakerja” dan beberapa hal terkait itu. Sehingga, pastikan untuk membaca tuntas artikel sampai habis, biar tidak gagal paham.

Disclaimer : Informasi berikut bersumber dari https://www.prakerja.go.id (sehingga gaya bahasa pada artikel pun menyesuaiakan). Indomangga Plus berniat membantu menyampaikan ulang sehingga lebih tersebar luas.

Baca juga artikel terbaru Indomangga tentang Cara Melihat Pengumuman SNMPTN 2020 dan Memilih Tema WordPress Terbaik 2020.

Mengenal Kartu Prakerja

Pengertian Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah kartu untuk pengangguran. Eits, kurang tepat jika mengartikan demikian. Sebenarnya Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya.

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi.

Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

Kartu Prakerja Untuk Siapa ?

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Karena kami percaya, belajar dan berlatih semestinya tak mengenal usia. Lifelong learning.

Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah lain yang lebih gemilang di masa depan.

Manfaat Kartu Prakerja

  1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  2. Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  3. Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  4. Menjadi komplemen dari pendidikan formal

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Alur Pendaftaran

  1. Untuk dapat melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, Pengguna harus melakukan pendaftaran Akun terlebih dahulu pada Situs.
  2. Pendaftaran Akun harus menggunakan email atau nomor ponsel Pengguna yang masih aktif.
  3. Pengguna wajib mengisi dan/atau memberikan data atau informasi pada Situs dengan benar, Pengguna dilarang memberikan data atau informasi yang tidak benar atau memanipulasi data.
  4. Pengguna dapat melakukan pendaftaran Kartu Prakerja dan mengikuti Tes, jika telah mempunyai Akun pada Situs.
  5. Pengguna harus menggunakan nama dan data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk yang sah.
  6. Nama sesuai Kartu Tanda Penduduk yang telah didaftarkan oleh Pengguna tidak dapat diubah atau diganti menjadi nama orang lain.
  7. Manajemen Pelaksana tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
  8. Pengguna wajib mengikuti Tes pada Situs untuk memenuhi pendaftaran Kartu Prakerja
  9. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Manajemen Pelaksana, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Akun; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam pendaftaran, penggunaan Pagu, dan/atau pembelian Pelatihan; dan/atau (v) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.

Penggunaan Kartu Prakerja Pada Platform

  1. Setelah pendaftaran Kartu Prakerja disetujui dan telah mendapatkan konfirmasi besaran Pagu, Penerima Manfaat dapat menggunakan Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran untuk membeli atau membayar biaya pelatihan melalui Platform Digital.
  2. Penerima Manfaat hanya dapat menggunakan Kartu Prakerja untuk membeli atau membayar biaya pelatihan – pelatihan baik yang bersifat daring atau luring sebagaimana yang tersedia di laman khusus Kartu Prakerja di Platform Digital.
  3. Penerima Manfaat hanya dapat menggunakan Kartu Prakerja untuk membeli atau membayar Pelatihan sesuai dengan atau kurang dari besaran Pagu yang telah disetujui.
  4. Penerima Manfaat dengan ini menjamin penggunaan Kartu Prakerja atas namanya pada Platform Digital adalah digunakan untuk dirinya sendiri bukan untuk orang lain.
  5. Penggunaan Kartu Prakerja untuk membeli atau membayar biaya Pelatihan di Platform Digital dinyatakan berhasil ketika Penerima Manfaat telah menerima notifikasi konfirmasi transaksi berhasil dari Platform Digital.
  6. Penerima Manfaat harus menjaga keamanan bukti konfirmasi transaksi berhasil sebagaimana dimaksud pada poin 5.5 diatas, tidak digunakan oleh orang lain atau berpindah ke pihak lain.
  7. Penerima Manfaat wajib memberikan atau memasukkan bukti konfirmasi transaksi berhasil sebagaimana di maksud pada poin 5.5 diatas kepada Penyelenggara Pelatihan untuk mengikuti pelatihan baik secara daring atau luring.
  8. Penerima Manfaat wajib mengikuti setiap Pelatihan yang telah dibeli menggunakan Kartu Prakerja tanpa diwakili oleh orang lain.
  9. Manajemen Pelaksana memiliki kewenangan untuk menutup akun, membatalkan persetujuan pendaftaran, membatalkan Pagu dan/atau Insentif, membatalkan pembelian Pelatihan Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam pendaftaran, tes, pembelian Pelatihan, absensi Pelatihan dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna menyetujui bahwa Manajemen Pelaksana berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pendaftaran yang baru apabila ditemukan kesamaan data.

Insentif Pengguna Kartu Prakerja

  1. Insentif hanya diberikan kepada Penerima Manfaat Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan program Pelatihan.
  2. Insentif sebagaimana dimaksud pada poin 6.1 hanya dapat dipergunakan dalam rangka: (i) meringankan biaya mencari kerja; dan (ii) evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.
  3. Insentif dapat diberikan secara penuh atau bertahap kepada Penerima Manfaat yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Manajemen Pelaksana.
  4. Insentif akan disalurkan melalui rekening bank atau e-wallet yang telah didaftarkan oleh Penerima Manfaat pada Situs.

Pengelola Kartu Prakerja

Komite Cipta Kerja dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja. Komite bertugas merumuskan kebijakan dan mengendalikan program Kartu Prakerja.

Diketuai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan Wakil Ketua Kepala Staf Kepresidenan, Komite beranggotakan 6 menteri, yaitu Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perindustrian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Dalam Negeri. Bertindak sebagai Sekretaris Komite, Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekomian.

Kesimpulan Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Kesimpulannya, Kartu Prakerja adalah kartu penting harapan untuk pencari kerja. Pendaftarannya, silahkan memantau situs https://www.prakerja.go.id. Terima kasih telah membaca artikel “Cara Mendapatkan Kartu Prakerja” ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.

2 Komentar

Komentar ditutup.