Buah Paling Disarankan Saat Bulan Ramadhan

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar berbagai manfaat dari buah-buahan. Ternyata, ada buah-buah tertentu yang disarankan dikonsumsi pada bulan Ramadhan (berdasarkan browsing di wikipedia). Pada posting kali ini, diulas tuntas tentang “Buah Paling Disarankan Saat Bulan Ramadhan“. Pastikan untuk membaca tuntas artikel ini sampai habis, biar tidak gagal paham.

Baca juga artikel terbaru Indomangga tentang Kegiatan Awal Ramadhan, 12 Yang Paling Berkesan dan Cara Mendapatkan Kartu Prakerja.

6 Buah Paling Disarankan Saat Bulan Ramadhan

1. Buah Delima

Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Terdapat tiga macam delima, yaitu delima merah, delima putih, dan delima ungu. Pome atau delima sering ditanam hiasan, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. Buah delima dapat disajikan dalam keadaan segar, sebagai rujak buah, jus atau sari buah.

buah delima

Sari buah delima dikenal sebagai sari buah sehat, dengan banyak khasiat. Sari buah delima tinggi kandungan ion kalium (potasium), vitamin A, C dan E serta asam folic. Komponen ini dianggap sangat penting bagi kesehatan jantung (Time, Desember 2003). Menurut penelitian American Journal of Clinical Nutrition, buah delima yang kaya antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Buah Anggur

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung.

anggur buah paling disarankan

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir.

Anggur memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol. Selain itu, anggur juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat daripada vitamin C dan vitamin E. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL).

3. Buah Tin

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Pohon tin adalah salah satu dari dua pohon yang disebut manfaatnya baik dalam Islam. Di Al Qur’an, salah satu surat disebut dengan nama ini (QS Surah At-Tin ayat 1) karena Allah bersumpah atas nama buah/tumbuhan ini.

buah tin buah paling disarankan

Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di beberapa negara buah tin diolah sebagai sayuran.

4. Buah Zaitun

Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. 

zaitun buah paling disarankan

Banyak manfaat dari pohon zaitun ini. Selain buahnya yang enak, kayu dari pohon zaitun juga sangat bagus, keras dan indah. Selain untuk dimakan buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan. Apabila diperas buahnya, kita dapat memperoleh minyaknya. Minyak ini dapat digunakan sebagai bumbu salad dan belakangan banyak digunakan untuk bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sehingga diyakini dapat menjadikan kulit awet muda.

5. Buah Kurma

Kurma (Phoenix dactylifera) adalah tanaman palem dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. 

Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma. Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma memiliki biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm. 

kurma buah

Kurma memiliki kandungan tannin yang tinggi. Kurma dapat diberikan untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sejumlah keluhan lainnya dalam bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.

Akarnya digunakan melawan sakit gigi. Serbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estrone, estrogenik, dan memiliki efek gonadotropic pada tikus muda. Buah Kurma yang masih muda bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita dan dan pria. Buah Kurma muda atau buah kurma yang belum matang memiliki rasa manis dan sedikit sepat.

6. Buah Pisang

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir

pisang buah paling disarankan

Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Asia Tenggara, Papua dan Australia. Pusat keragaman lain juga terdapat di Afrika tropis. Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembab, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim.

Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 m. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin). Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme. Vitamin B6 juga berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.

Kesimpulan

Kesimpulan uraian di atas adalah buah-buahan seperti delima, anggur, tin, zaitun, pisang dan kurma disebutkan dalam Al-Qu’an, serta memiliki khasiat khusus. Terima kasih telah membaca artikel “Buah Paling Disarankan Saat Bulan Ramadhan” ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.