Prinsip Mengelola Keuangan Pribadi Agar Stabil

Finansial adalah hal penting dalam kehidupan, namun sejak SD hingga SMA kita bahkan tidak pernah diajari cara mengelola uang yang baik di sekolah. Pada kesempatan ini saya ingin re-share tentang prinsip mengelola keuangan pribadi supaya tidak kehabisan uang di akhir bulan. Tentu saja tips finansial ini dirangkum dari berbagai sumber yang valid.

Akhir Bulan dan Dompet Kosong

Sebagian besar karyawan swasta dan pegawai negeri mendapatkan gaji sebulan sekali dengan nominal yang bervariasi. Sebagian dari mereka sangat pandai mengelola keuangan pribadi, namun sebagian besar lagi masih bingung bagaimana cara mengelola pendapatan. Hal ini kerap menimpa pegawai/karyawan baru. Uang jerih payah sebulan bisa lenyap dalam satu hari.

Bukan hal baik jika menghabiskan jerih payah sebulan dalam waktu singkat. Terlebih lagi setelah itu tidak memiliki uang kas, uang cadangan atau pun tabungan. Lalu bagaimana bisa bertahan hingga waktu gajian berikutnya jika dompet kosong. Satu-satunya cara adalah Meninggalkan Kebiasaan Lama Dan Mulai Tertib Keuangan Mulai Sekarang !!

Prinsip Dasar Agar Keuangan Pribadi Tetap Stabil

Berbagai saran dari para ahli keuangan disimpulkan dalam satu kalimat berikut. Kalimat ini adalah prinsip mengelola keuangan pribadi yang tidak akan berubah sampai kapan pun.

” PENGELUARAN HARUS LEBIH KECIL DARI PEMASUKAN “

(dikutip dari Youtube Channel Satu Persen )

Kesalahan banyak orang dalam mengeloal keuangan adalah pengeluaran mereka lebih besar dibandingkan pemasukan. Lalu mereka berpikir lagi untuk menambah pekerjaan supaya pemasukan bertambah. Sayangnya, ketika pemasukan bertambah bukannya malah berhasil menutup pengeluaran tapi malah memicu pengeluaran baru.

prinsip mengelola keuangan pribadi

Seorang motivator finansial, Tung desem Waringin (TDW), menyebutkan bahwa ketika kondisi keuangan kita sedang minus (pengeluaran lebih banyak dari pemasukan), maka kita harus berhemat. Demikian pula sebaliknya, ketika keuangan sedang surplus, itulah saat dimana kita harus menambah penghasilan baru.

Langkah nyata yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan adalah 3M Budgeting, Maksudnya adalah membuat, melaksanakan, dan mengawasi anggaran bulanan yang harus anda komitmenkan sendiri. Kebiasaan ini baiknya dibiasakan sejak kecil (sekolah SMP) supaya lebih nyaman, dibandingkan memulai saat usia dewasa.

Pengalaman pribadi saya menunjukkan bahwa tidak mudah memulai penertiban keuangan pribadi. Namun, inilah yang bisa dilakukan untuk mencari tahu berbagai kebocoran pengeluaran yang terjadi setiap bulan. Selanjutnya berusaha mengubah kebiasaan yang konsumtif menjadi lebih baik di bulan berikut.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.