Pengalaman Melakukan Impor Blogger Ke WordPress

Akhir-akhir ini saya ingin membangkitkan kembali blogger yang lama terbengkalai. Mungkin jika digambarkan sebagai bangunan, maka bangunan tersebut sudah ditumbuhi banyak lumut dan berkerak. Hewan liar pun mulai menghuni blog tersebut. Dia adalah Old Indomangga Blog yang dibangun dengan blogger. Singkatnya, saya ingin melakukan impor blogger ke wordpress.

Trik Melakukan Impor Blogger Ke WordPress

Dalam dunia wordpress saya termasuk baru. Sehingga untuk memindahkan posting dari blogger ke wordpress saja, membutuhkan dua referensi utama. Dua referensi tersebut adalah blogger aktif dan artikel dari website luar negeri. Blogger aktif adalah tempat bertanya tentang hal yang tidak saya ketahui. Sedangkan artikel dari website luar negeri sebagai referensi.

impor blogger ke wordpress

Untuk referensi dari luar negeri saya menggunakan wpbeginner.com, karena artikelnya lengkap panjang dan mudah diaplikasikan. Kelebihan lain artikel di website ini adalah didukung dengan video youtube, sehingga memudahkan pembaca untuk lebih memahami maksud dari penulis artikel. Kelebihan lainnya adalah tidak memasang iklan, sehingga pembaca tidak pernah terhalangi oleh “layangan” atau iklan yang melayang (float). Berdasarkan artikel wpbeginner, berikut ini adalah langkah memindahkan postingan blogger ke wordpress.

  • Masuk (login) ke blogspot, pilih setting > other > backup content
  • Simpan file XML di komputer anda.
  • Masuk (login) ke website WP anda, kemudian pilih > peralatan > impor.
  • Pilih impor > blogger. Jika sebelumnya belum pernah melakukan impor maka akan diminta memasang terlebih dahulu.
  • Pilih file XML dari blogger untuk diunggah ke WP.
  • Dan alhasil, seluruh posting blogger sudah masuk ke wordpress.
blogger ke wordpress
Menu Peralatan > Impor > Blogger
blogger ke wordpress
Menu Setting > Other > BackUp Content

Namun, jika menghendaki semua berjalan lancar dan tidak kehilangan kunjungan dari blogger lama. Silahkan baca lengkap artikel WPbeginner. Pada artikel tersebut ada sejumlah kode yang perlu ditambahkan untuk menyempurnakan perpindahan posting dari blogger ke WP.

Selanjutnya adalah memanfaatkan blogger aktif untuk melengkapi referensi artikel. Kebetulan saya mengenal admin dari https://teraa.net, Varizal, untuk menambahkan saran atas impor posting yang saya lakukan. Menurut kang Varis, artikel dari blogger haruslah disesuaikan SEO nya, melalui plugin YOAST. Dengan harapan, rangking indeksnya semakin baik dari sebelumnya.

Alhamdulillah, sekarang saya berhasil mengimpor 400-an artikel dari blog lama untuk disesuaikan lagi dengan standar YOAST. Berharap blog lama yang tertidur bisa kembali berjaya dengan serangkaian update artikel. Nah, itulah pengalaman saya tentang impor blogger ke wordpress, semoga bermanfaat.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.