Cara Belajar Di Rumah Berbantuan Brainly

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar istilah BELAJAR DI RUMAH. Itu adalah semangat belajar di tengah wabah COVID-19. Ternyata mengetahui cara belajar, khususnya di rumah, sangat penting dalam dalam membentuk kemandirian belajar peserta didik. Pada posting kali ini, diulas tuntas tentang “Cara Belajar Di Rumah Berbantuan Brainly” dan beberapa hal terkait. Sehingga, pastikan untuk membaca tuntas artikel sampai habis, biar tidak gagal paham.

Belajar Di Rumah Adalah Kewajiban

Belajar adalah kewajiban peserta didik, baik di sekolah maupun di rumah. Di sekolah, kegiatan belajar dipandu oleh guru dengan standar kontrol tertentu. Model dan metode pembelajar pun sudah standar. Bagaimana dengan di rumah? kebanyakan akan menyatakan ‘sudah’.

Baca juga ulasan terbaru Indomangga tentang “Ramuan Herbal Sakit Tenggorokan” dan “41 Titik Refleksi Sakit Tenggorokan“.

Tidak ada panduan khusus untuk standar belajar di rumah. Sehingga hal itu seakan terabaikan dan menjadi sesuatu yang dipandang kurang penting. Kesiapan belajar di rumah dicirikan dengan (1) adanya buku, (2) jadwal belajar yang jelas, dan (3) perangkat digital pendukung.

Cara Belajar Di Rumah

Berdasarkan sumber belajarnya, belajar dirumah dapat dibagi menjadi tiga. Yaitu belajar berbantuan buku, belajar berbantuan perangkat elektronik, dan belajar berbantuan nara sumber. Belajar berbantuan buku berarti peserta didik memiliki banyak buku referensi di rumah. Peserta didik memanfaatkan buku-buku itu untuk memecahkan soal atau tugas yang diberikan oleh guru.

Belajar berbantuan perangkat elektronik berarti pelajar menggunakan alat elektronik semisal laptop, HP, atau radio. Alat-alat tersebut dijadikan sebagai sumber belajar pengganti buku cetak. Belajar berbantuan narasumber berarti di lingkungan sekitar rumah pelajar ada seseorang yang dianggap ahli. Sehingga pelajar, dengan cara wawancara, menanyakan berbagai hal yang dibutuhkan untuk tugas.

Internet Adalah Sumber Belajar

Internet adalah sumber belajar, dan menjadi bagian penting dalam mendukung fasilitas belajar di rumah. Sebut saja mesin pencari, Google Search, sangat membantu dalam mencari materi tertentu (saya bahas di website sebelah). Dari internet pula bisa didapatkan ratusan judul buku sekolah elektronik (BSE), yang nilainya setara Rp. 20.000 an per judul jika dalam bentuk cetak. Dengan demikian, internet dapat menghemat jutaan rupiah anggaran untuk membeli buku.

Selain Google Search, ada pula platform tertentu yang dapat dimanfaatlan untuk belajar di rumah. Brainly adalah salah satunya. Brainly bukanlah bimbel online semacam Ruangguru atau Quipper, melainkan platform untuk bertanya jawab tentang pelajaran

Cara Belajar Di Rumah Lewat Brainly.co.id

Brainly adalah tempat berbagi ilmu 150 juta siswa dan pakar edukasi, belajar bersama untuk menyelesaikan soal-soal yang paling rumit sekalipun. Brand ini merupakan brand ternama di tingkat internasional, dan memiliki jaringan di beberapa negara. Sehingga dapat diandalkan untuk membantu pelajar di rumah.

Cara Mendaftar Brainly Versi Desktop

Mendaftar sebagai member adalah cara yang harus dilakukan untuk dapat memanfaatkan Brainly. Jangan khawatir, menjadi member itu GRATIS. Syaratnya adalah memiliki akun facebook atau email. Silahkan memulai pendaftaran dengan mengakses https://brainly.co.id

Cara Belajar Di Rumah Berbantuan Brainly

Kemudian pilih daftar, sehingga muncul halaman yang menawari untuk membuat akun dengan FACEBOOK atau EMAIL. Supaya lebih mudah, saya menyarankan untuk memilih FACEBOOK. Setelah klik, maka muncul tampilan sebagai berikut.

Cara Belajar Di Rumah Berbantuan Brainly

Silahkan mengisi kolom nama panggilan, negara, dan tanggal lahir. Kemudian centang pernyataan menyetujui ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi. Selanjutnya klik DAFTAR.

Nah, jika sudah menemui tampilan seperti di atas, maka itu tanda pendaftaran Brainly sudah berhasil menjadi member. Silahkan mengajukan pertanyaan atau membantu mencari jawaban untuk orang lain.

Cara Mendaftar Brainly Versi Android

Brainly versi android dapat diinstall melalui Google PlayStore. Langkah yang dilakukan adalah mengetikkan kata kunci pada Playsotre, kemudian tekan Cari. Setelah ditemukan, dan menunjukkan aplikasi Brainly, tekan tombol INSTALL. Tunggu sampai instalasi selesai, kemudian jalankan aplikasi. Secara umum, pendaftaran di versi desktop dengan versi android hampir sama. Silahkan memilih tombol daftar dan menggunakan akun Facebook untuk melengkapi pendaftaran.

Cara Mengajukan Pertanyaan

Untuk mengajukan pertanyaan di versi dekstop, silahkan klik tombol ajukan pertanyaan. Lalu mengetikkan pertanyaanmu. Kemudian pilih mata pelajaran yang cocok dengan pertanyaan tersebut. Tekan tombol TANYAKAN PERTANYAANMU.

Soal yang dikirimkan dapat dilihat oleh pengguna lain, sehingga pengguna yang ingin membantu, menuliskan jawabannya untukmu. Waktu yang diperlukan tidak terlalu lama, rerata 5 menit pertanyaan sudah terjawab.

Keistimewaan aplikasi ini adalah pengguna dapat menilai jawaban yang paling sesuai dengan pertanyaan. Jika penjawab lebih dari satu, maka akan ada pilihan tentang jawaban mana yang terbaik. Dan si penanya dapat memberikan ‘tanda bintang’ kepada penjawab.

Jawaban Dari Brainly Tidak Selalu Benar

Pertanyaan yang diajukan di aplikasi ini, tidak selalu terjawab dengan benar. Hal ini dikarenakan pengguna lain yang mau membantu menjawab pertanyan kita pun bervariasi. Ada yang pengguna pintar, adapula pengguna yang tujuannya hanya iseng-iseng saja. Oleh karena itu si penanya wajib selektif untuk melihat jawaban-jawaban yang muncul. Pilihlah jawaban yang terbaik diantara beberapa jawaban.

Brainly Tidak Menggantikan Peran Guru

Kehadiran aplikasi Brainly tidaklah menghilangkan peran guru. Hal tersebut dikarenakan Brainly adalah aplikasi tanya jawab dengan orang lain seputar materi belajar. Brainly tidak dapat menjangkau kebutuhan sikap dan psikomotor dari peserta didik. Sehingga pemakaian aplikasi ini pun membutuhkan arahan dari guru.

Bagaimana jika jawaban guru berbeda dengan jawaban Brainly? mana yang lebih dipercaya? Jika merasa ragu dengan jawaban yang diperoleh dari Brainly, silahkan menggunakan Google Search untuk mencari referensi dari website lain. Dengan demikian dapat diperoleh jawaban yang paling baik. Sementara jawaban dari guru lebih mengena terhadap peserta didik, karena lebih memahami keseharian peserta didik.

Kesimpulan

Kesimpulan dari uraian di atas adalah belajar di rumah sangat penting. Dan salah satu alat bantu belajar di rumah adalah Brainly. Aplikasi web ini Brainly memberikan kesempatan tanya jawab dengan pengguna lain.

Terima kasih telah membaca artikel “Cara Belajar Di Rumah Berbantuan Brainly” ini hingga tuntas. Jika masih belum cukup dengan artikel ini, silahkan membaca artikel lain melalui peta situs (sitemap). Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.