41 Titik Refleksi Sakit Tenggorokan

pijat refleksi mabuk kendaraan

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar istilah sakit tenggorokan. Ternyata sakit ini sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan dalam kondidi parah, membuat orang dewasa hanya bisa berbaring saja. Pada posting kali ini, diulas tuntas tentang cara meredakan sakit di daerah tenggorokan melalui pendekatan pijat (karena memang disini membahasa pjiat refleksi). Sehingga, pastikan untuk membaca tuntas artikel “41 Titik Refleksi Sakit Tenggorokan” sampai habis, biar tidak ‘gagal paham’.

Hubungan Sakit Tenggorokan Dengan COVID-19

Sahabat semua, tahukah bahwa ternyata wabah COVID-19 salah satu gelajanya adalah sakit tenggorokan? Nah, buat yang sakit tenggorokannya disinyalir mengarah ke wabah Coronavirus, disarankan untuk melakukan tes medis disamping melakukan usaha penyembuhan melalui pendekatan pijat refleksi. Karena mengandung bahaya dari segi penularan.

Penyembuhan Sakit Tenggorokan Melalui Pendekatan Reflexology

Sakit yang menyerang daerah tenggorokan sangat beragam, bisa jadi sakit tenggorokan biasa, aradang tenggorokan (bronkitis) dan efeknya membuat suara kita serak (serak-serak basah). Posting ini memandang bahwa sakit tenggorakan akan sembuh dengan mengoptimalkan kembali kerja sistem koordinasi melalui 14 titik refleksi sakit tenggorokan, 15 titik refleksi bronkitis, dan 12 titik refleksi suara serak. Sehingga, jika dijumlahkan totalnya ada 41 titik refleksi yang perlu di pijat.

Ada dua macam cara yaitu memijat daerah refleks memakai jari tangan atau menggunakan alat bantu. Dua cara tersebut sama-sama bertujuan untuk menekan titik-titik refleksi dengan efektif. Pemijat terlatih/profesional hanya menggunakan jari tangan saja. Karena jemari pemijat sudah terbiasa untuk menekan dan menemukan titik refleks yang ada di tubuh. Sedangkan untuk pemijat pemula biasanya menggunakan alat bantu, baik berupa kayu ataupun plastik, untuk menjaga tekanan pada titik refleksi. Pijat refleksi dapat pula dilakukan sendiri atau dibantu oleh orang lain.

Pemijatan 14 Titik Refleksi Sakit Tenggorokan

pijat refleksi sakit tenggorokan Titik Refleksi Sakit Tenggorokan
  • Mari memulai dengan menekan 3 titik di tumit dan punggung kaki (seperti gambar).
  • Menekan 3 titik di telapak dan punggung tangan.
  • Menekan 8 titik refleksi di telapak kaki daerah pangkal jempol.
  • Bagi pemula, menekan titik refleksi bisa diulang beberapa kali hingga tepat pada titik dimaksud.

Pemijatan 15 Titik Refleksi Bronkitis

pijat refleksi bronchitis 41 Titik Refleksi Sakit Tenggorokan
  • Mari memulai dengan menekan 3 titik di kaki (seperti gambar).
  • Menekan 8 titik refleksi di telapak kaki daerah pangkal jempol.
  • Menekan 1 titik di betis kaki kiri
  • Menekan 3 titik di telapak dan punggung tangan.

Pemijatan 12 Titik Refleksi Suara Serak

pijat refleksi suara serak 41 Titik Refleksi Sakit Tenggorokan
  • Menekan 4 titik rfleksi di area kaki (seperti gambar)
  • Menekan 7 titik yang berada di telapak kaki, tersebar dari pengkal jempol hingga lengkung kaki
  • Menekan 1 titik di pangkal jempol telapak tangan
  • Pemijatan 41 titik refleksi ini dapat diulang setiap hari hingga sakit yang diderita reda.

Proses Penyembuhan Setelah Pemijatan

Pijat refleksi bekerja secara sinergis dengan tubuh. Tekanan pada syaraf membuat respon tubuh kita membaik, dan menghilangkan kekakuan pada tubuh. Efek positif pada sistem koordinasi tubuh, membuat tubuh lebih mempercepat proses penyembuhkan diri, sehingga penyakit yang dikeluhkan hilang tanpa menimbulkan efek samping.

Dibandingkan dengan pengobatan medis dan ramuan herbal, pijat refleksi bersifat saling melengkapi. Jika secara medis memberikan obat-obatan yang membantu ketahanan tubuh, maka pijat refleksi memberikan rasa nyaman pada tubuh (hilang pegal) sekaligus meningkatkan respon ketahanan tubuh. Pada sakit tertentu, obat medis dapat dengan cepat menyembuhkan, utamanya infeksi.

Trik Mempercepat Kesembuhan

Cepat sembuh dari penyakit yang diderita adalah sebuah harapan pasien. Dan memang terbukti amalan (tingkah laku) tertentu dapat mempercepat penyembuhan, disamping melakukan usaha pijat refleksi. Nah, Selain dengan melakukan pijat refleksi, proses penyembuhan dapat lebih cepat dengan amalan berikut. (1) Berpikir positif dan bersyukur apa yang diberikan Allah swt, (2) Berdoa untuk kesembuhan diri sendiri dan orang lain, (3) memperbanyak sedekah, (4) berlaku santun dan mendoakan orang tua, (5) makan makanan yang banyak mengandung vitamin C. Semoga lima amalan tersebut selalu membawa pembaca dalam kesehatan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari uraian di atas, merujuk pada penyembuhan sakit melalui pendekatan pijat. Adapun yang perlu diperhatikan adalah perlu pengulangan pijat supaya hasilnya maksimal. Serta tidak perlu membandingkan pijat refleksi dengan medis/ramuan herbal, karena bersifat saling melengkapi. Terima kasih telah membaca artikel “41 Titik Refleksi Sakit Tenggorokan” ini hingga tuntas. Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.