Pengalaman Blogger Gagal, Visitor Drop 90%

Postingan ini adalah lanjutan dari sebelumnya yang bercerita tentang pengalaman menjadi blogger selama 9 tahun. Pada paragraf terakhir dijelaskan bahwa saya menyandang status sebagai blogger gagal. Pada kesempatan ini saya mencoba menguraikan faktor apa yang menjadi sebab kegagalan saya sebagai blogger. Nah, mungkin hal ini yang perlu sobat jauhi.

Fokus Pada Iklan Bukan Pada Konten

Harus dipahami bahwa pengunjung jauh-jauh datang ke blog adalah untuk mencari barang yang bermanfaat. Sehingga sesuatu yang bermanfaat tersebut harus disediakan dengan baik. Blog indomangga.blosgspot.com awalnya memberikan banyak kemanfaatan karena menampilkan konten pijat refleksi, namun saya lalai. Kelalaian saya adalah tidak menambahkan konten berkualitas secara kontinyu, melainkan malah beralih fokus pada tampilan iklan.

Blogger Gagal dan Mesin Pencari Google

Penyesalan memang selalu tampil dibelakang. Namun, sebelum benar-benar drop, saya menyempatkan diri untuk mengkaji kegagalan tersebut. Mencatat hal-hal penting yang ingin saya perbaiki dikemudian hari. Salah satunya adalah tidak terlalu fokus pada tampilan iklan (harusnya yang memikirkan adalah Google) membuat ide-ide posting yang awalnya begitu mengalir seakan menjadi terbendung. Mungkin ada benarnya jika orang bilang bahwa uang itu membutakan.

Kompetitor dan Tukang Copas

Saya harus meyakinkan diri bahwa apa yang saya kerjakan saat ini, juga dikerjakan oleh orang lain ditempat yang berbeda. Sehingga apapun itu, saya harus memiliki karakter unik dan nilai tambah di setiap karya. Itulah yang saya petik dari status Blogger Gagal.

Kompetitor adalah hal yang tidak saya perhitungkan. Saya dulunya beranggapan hanyalah saya yang memiliki ide untuk membuat blog tentang pijat refleksi. Rasa percaya diri berlebihan saat di atas angin membuat saya lupa memperhitungkan adanya pesaing yang muncul tiba-tiba. Hanya dalam waktu beberapa bulan, artikel serupa dengan gambar yang lebih baik menggeser hampir semua artikel blog saya di hasil mesin pencari Google.

Hal lain yang turut membuat kesal adalah ulah blogger copas yang tidak mengindahkan hasil karya orang lain. Blogger copar selalu tanpa ragu melakukan copy pase artikel dan gambar yang mereka timbang cukup laris visitor.

Dua faktor diatas tidak bekerja secara sendirian, namun didukung oleh beberapa faktor lain yang akan dibahas pada postingan berikutnya. Jadi, sobat jangan ragu untuk mampir baca artikel di blog ini.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.