Libre Office Gratis dan Menyenangkan

Libre Office merupakan software kantor semacam Microsoft Office, yang dikembangkan oleh The Document Foundation. Libre Office memiliki fitur lengkap selayaknya software kantor lainnya, seperti pengolah kata, pengolah angka, media presentasi, pengolah data, dan pengolah gambar. Namun, Libre Office Gratis dan Menyenangkan.

Pengolah kata adalah piranti lunak untuk melakukan pengetikan dokumen seperti MS Words. Pengolah angka merupakan piranti lunak berisikan kolom dan baris yang dapat menjalankan perintah numerik seperti MS Excel. Pengolah media presentasi merupakan piranti lunak untuk mendesain keperluan presentasi kerja seperti MS Powerpoint. Libre Office merupakan salah satu proyek yang paling ramah dan paling pesat pengembangannya dalam lingkup software gratis dan open source.

libre office gratis

Software berlabel gratis dan menyenangkan merupakan kebutuhan masa kini dan masa depan. Kini Libre Office berdiri sebagai alternatif yang gratis dan menyenangkan dari dominasi kuat microsoft office. Tren harga paket microsoft office yang semakin mahal dari tahun ke tahun, membuat LibreOffice sebagai pembebas permasalahan biaya dalam menyelesaikan pekerjaan kantor.

Libre Office dan aneka serba-serbinya dapat diakses di laman resmi https://www.libreoffice.org. Pengguna dapat mengakses informasi, mendownload, berdonasi, ataupun sekedar mengirimkan saran untuk pengembangan selanjutnya. Perlu diketahui bahwa pengembang sangat ramah apabila pengguna memberikan masukan baik berupa ide ataupun laporan bugs pada libre office itu sendiri.

Pengguna yang dapat menggunakan software gratis ini adalah semua kalangan. Jika melihat bahwa software ini merupakan alternatif dari Microsoft Office, maka pekerja kantor, pelajar, dan reseller notebook/laptop sangat sesuai. Para pekerja kantor dapat memanfaatkan fitur pengolah kata dan media presentasi untuk menyelesaikan tugasnya. Para pelajar dapat memanfaatkan fitur pengolah kata untuk membuat makalah dan menyelesaikan studinya. Para reseller notebook/laptop dapat mendownload LibreOffice sebagai piranti kantor untuk disematkan pada produk yang terjual.

Alasan Menggunakan Libre Office

Ada dua alasan utama mengapa kita memakai Libre Office, yaitu gratis dan kompetibel. Libre Office merupakan software gratis yang tidak membutuhkan uang sepeser pun untuk menggunakannya. Berbeda dengan MS Office yang dibanderol ratusan ribu hingga jutaan rupiah, Libre Office lebih manusiawi dan mampu menjangkau pengguna yang memiliki ekonomi terbatas.


Libre Office kompetibel dengan Microsoft Office, artinya file yang dihasilkan Libre Office dapat dibaca oleh MS Office begitu pula sebaliknya. Sehingga menggunakan Libre Office 99% sama dengan menggunakan Microsoft Office. Untuk menggunakan Libre Office sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi laman https://www.libreoffice.org/
  2. Pilih meu download, kemudian pilih versi yang diinginkan
  3. Install Libre Office, dengan cara klik dua kali file hasil download
  4. Setelah proses selesai, Libre Office siap digunakan

Rekomendasi Penggunaan Libre Office

Berdasarkan pengalaman yang saya alami. Dalam kondisi sebagai seorang yang ingin mengembangkan perangkat lunak atau aktifis Open Source, sebaiknya menggunakan Libre Office. Sedangkan jika kondisi sebgai pegawai rutin yang membutuhkan pengetikan yang banyak, maka Microsoft Office lebih cocok. Sekarang tinggal Anda yang memutuskan mau memakai yang mana.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.