Solusi Informasi Cepat Daerah Terpencil Via Radio

Informasi Cepat Di Daerah Terpencil Via Radio

Pada daerah yang jauh dari perkotaan, terdapat kendala komunikasi. Demikian yang dialami oleh daerah-daerah terpencil di indonesia. Kurangnya lalu lintas komunikasi dengan daerah luar membuat daerah-daerah terpencil seakan tertutup dari kemajuan zaman. Salah satu solusi Informasi Cepat Daerah Terpencil Via Radio.

Hal tersebut sangatlah rasional dan wajar mengingat di milenium kedua ini teknologi berkembang dengan sangat cepat. Bahkan dalam waktu mingguan sudah dapat kita jumpai produk pembaruan dari produk sebelumnya. Kecepatan perkembangan ini tidak dapat diikuti oleh daerah yang arus informasinya rendah. Bahkan berakibat daerah yang maju akan semakin maju sedangkan daerah yang tertinggal akan semakin tertinggal.

Informasi Cepat Daerah Terpencil Via Radio

Solusi Informasi Di Daerah Internet Lambat

Salah satu harapan untuk menaikkan arus informasi yang masuk ke suatu wilayah adalah melalui jaringan seluler. Sebagaimana diketahui bahwa di indonesia beberapa penyedia jasa layanan komunikasi seluler sudah bekerjasama dengan pemerintah untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di nusantara.

Penyedia jasa seluler cukup membangun tower komunikasi di sekitar daerah sasaran dan selanjutnya masyarakat di sekitar tower akan termotivasi untuk membeli alat komunikasi seluler. Hal tersebut sudah banyak dibuktikan di berbagai daerah.

Komunikasi seluler ternyata tidak hanya untuk menelpon atau mengirim sms saja namun bisa juga untuk mengakses internet. Akses internet di daerah yang jauh dari perkotaan biasanya menggunakan internet kecepatan rendah dengan label GPRS atau EDGE. Dengan kecepatan tersebut kecil kemungkinan masyarakat di daerah terpencil mendapatkan dengan cepat informasi-informasi penting dari daerah luar. Nah ini pun juga menjadi problem tersendiri.

Salah satu alternatif untuk mendapatkan informasi secara cepat dengan internet berkecepatan rendah adalah melalui radio streaming (Informasi Cepat Daerah Terpencil Via Radio). Radio streaming sebenarnya adalah siaran radio yang melalui akses internet. Akses radio streaming tidak memerlukan data yang terlampau besar karena data yang dikirim melalui jaringan hanya berupa suara dan hampir tidak ada data gambar. Seperti yang kita ketahui bahwa gambar merupakan salah satu content internet yang membutuhkan kapasitas besar, berbeda dengan suara.

Pengalaman Radio Streaming Di Area 2G

Saya sendiri sudah mencoba mengakses siaran radio streaming suara surabaya di daerah yang memiliki akses internet lambat, dan hasilnya suara dari radio streaming dapat diterima dengan jelas tanpa terputus. Hal yang berkebalikan akan terjadi jika saya mengakses halaman website yang memuat konten gambar, seringkali halaman website tidak bisa tampil.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.