Lupa Email dan Password Untuk Laporan Pajak di DJP Online

Ketika ingin melaporkan SPT tahunan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Online, banyak orang yang lupa email dan password yang dipakai saat pendaftaran akun. Tentu saja ini bikin pusing kepala, karena maksud hati ingin menjalankan kewajiban ternyata lupa email dan password. Bagi yang kebetulan mengalami hal tersebut ‘jangan khawatir’, karena DJP Online sudah mengantisipasi hal tersebut.

Fasilitas untuk yang lupa Email, Password Email, dan Password DJP ada di bawah menu Login DJP Online. Hal istimewa dari menu ini adalah dapat mengalihkan email awal yang kita daftarkan untuk laporan SPT. Contoh kasus sebagai berikut:

“Seorang PNS meminta bantuan temannya untuk mendaftarkan EFINnya di KPP, ternyata teman berbaik hati untuk melakukan aktivasi EFIN PNS tersebut. Namun teman hanya memberikan nomor EFIN saja pada PNS tersebut. Akhirnya PNS tersebut bingung untuk melakukan pelaporan SPT tahunannya.”

Jika mengalami masalah yang hampir sama dengan di atas, maka wajib pajak cukup membuka link reset password yang telah disediakan di bawah form login. Setelah klik akan muncul tampilan seperti digambar berikut.

Wajib pajak silahkan mengisi kembali form sesuai petunjuk yang ada di sebelah kiri form reset password.
Petunjuk tersebut adalah:

  1. Pastikan Anda masih menyimpan EFIN yang diberikan oleh KPP. 
  2. Jika Anda lupa atau tidak menyimpan EFIN, silahkan meminta pencetakan ulang EFIN di KPP Terdekat. 
  3. Anda dapat mengubah email untuk menerima password baru, jika menghendakinya dengan memilih “YA” pada pilihan “Lupa Email?” 
  4. Jika Anda mengubah email, maka password akan dikirimkan ke email Anda yang baru, dan email tersebut selanjutnya akan digunakan oleh sistem untuk mengirimkan pesan kepada Anda.

Petunjuk tambahan:

  1. Isilah NPWP* dengan NPWP yang dimiliki
  2. Isilah EFIN* dengan EFIN yang dimiliki
  3. Jika Lupa Email, maka isilah kolom Email* dengan Email yang aktif dan masih ingat password nya.
  4. Kode Keamanan* diisi dengan kode yang muncul digambar form tersebut.
Langkah berikutnya adalah membuka email untu memverivikasi perubahan data yang telah dilakukan di DJP Online. Setelah itu tinggal mengisi SPT yang ingin dilaporkan.
About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.