Mengatasi Batuk Dengan Herbal Daun Sirih

Daun sirih banyak memiliki manfaat, salah satunya digunakan untuk obat herbal. Obat herbal adalah obat berbahan tumbuhan yang dipercaya oleh masyarakat. Herbal daun sirih dipercaya untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan.

Cara Membuat Herbal Daun Sirih

Berdasarkan resep turun temurun yang ada di masyarakat, cara membuat ramuan herbal sirih untuk batuk sebagai berikut:

Mengatasi Batuk Dengan Herbal Daun Sirih

Pertama, sediakan 3 (tiga) sendok makan gula batu bubuk, garam dapur secukupnya, 5 (lima) batang tulang daun sirih dan 10 (sepuluh) tangkai daun sirih. Kemudian aduk semua bahan-bahan di atas dengan air panas pada sebuah gelas. Tunggulah ramuan tersebut hingga dingin. Ramuan ini dibuat 2 kali sehari untuk pagi dan sore. Ramuan yang dibuat harus sekali minum habis.

Sirih Sebagai Tanaman Budidaya

Daun sirih merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan, sehingga setiap orang bisa menanamnya di pekarangan rumah. Untuk keperluan obat keluarga pun, saya sangat menganjurkan untuk menanam sirih walaupun hanya dalam media polibag. Bagi yang belum mengetahui cara menanam sirih, berikut ini tips nya:

Cara Menanam Sirih

Untuk menanam daun Sirih (Piper Betle) pada area luas, pertama kali yang harus dilakukan adalah menyiapkan lahan yang akan digunakan. Tanah harus dibersihkan dari gulma dan batu-batuan. Cangkul media hingga 20 cm. Kemudian buatlah bedengan. Setelah itu buat lubang untuk menanam sirih dengan ukuran P 80 x L 40 x 60 cm. Jaraknya cukup dua meter saja. Sebelum penanaman sirih, hendaknya diberikan pupuk kandang sekitar setengah kg kemudian diaduk hingga rata. Agar batang sirih dapat tumbuh dengan baik maka sebaiknya memakai penyangga dari bambu atau penyangga lain. Setelah lahan disiapkan maka langkah selanjutnya menyiapkan bibit yang akan digunakan. Penyediaan bibit ini bisa memakai stek sulur. Sulur yang dipakai sebaiknya yang dapat mengeluarkan akar. Potong dengan ukuran 30 cm dan tanam di polybag yang telah diisi campuran tanah serta pupuk kandang.

Sedangkan untuk penanaman pada area terbatas, anda cukup menyediakan polibag berisi tanah subur dan menancapkan beberapa stek batang sirih. Untuk membuat stek sirih, usakan stek memiliki minimal 2 buku dan 2 ruas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terhambatnya kemunculan tunas baru. Jangan lupa untuk meletakkan stek di area yang tersinari matahari, serta jangan lupa rajin menyirami stek anda.

Cara Mempercepat Kesembuhan

Cepat sembuh dari penyakit yang diderita adalah sebuah harapan pasien. Proses kekembuhan ini dapat dipercepat dengan tingkah laku tertentu. Dan memang terbukti amalan (tingkah laku) tertentu dapat mempercepat penyembuhan disamping melakukan proses pengobatan utama. Nah, Selain dengan melakukan terapi herbaldaun sirih, proses penyembuhan dapat lebih cepat dengan amalan berikut. (1) Berpikir positif dan bersyukur, (2) Berdoa untuk kesembuhan diri sendiri dan orang lain, (3) memperbanyak sedekah, (4) berlaku santun dan mendoakan orang tua, (5) makan makanan bergizi, (6) memperbanyak konsumsi vitamin C. Semoga enam amalan tersebut selalu membawa pembaca dalam kesehatan.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.

7 Komentar

  1. Terima Kasih atad Share`nya, Semua Artikelnya Menarik, sangat membantu saya sebagai Bloger Pemula , jangan lupa mampir ke website kami ya . . . !!!
    Obat Penyakit Kanker
    Obat Berbagai Penyakit Kelamin

  2. Betul, daun sirih memang mujarab banget untuk pengobatan herbal selain itu daun sirih juga bisa untuk mengatasi mata merah atau sakit mata.

Komentar ditutup.