Empat Kunci Penentu Jumlah Pengunjung Blog

Jumlah pengunjung blog yang berlimpah adalah dambaan setiap blogger. Banyak alasan mengapa blogger menginginkan blognya dikunjungi banyak orang, diantaranya adalah berbagi ilmu, ingin terkenal, atau supaya income bulanan meningkat. Sungguh banyak blogger yang menghabiskan waktunya duduk di depan komputer hanya untuk meraih hal tersebut.

Berdasarkan diskusi dan pengalaman para blogger senior, setidaknya ada 4 (empat) faktor utama yang menentukan banyak sedikitnya pengunjung blog kita. Faktor-faktor tersebut adalah:

  1. Search Engine Optimalization (SEO). SEO adalah cara untuk meraih pengunjung melalui hasil mesin pencari. Jika ingin banyak pengunjung berdatangan melalui hasil pencarian, maka SEO inilah yang harus diperbaiki oleh seorang blogger. Namun perlu dicatat, SEO yang bagus belum tentu mendapatkan pengunjung yang banyak. Mengapa demikian? Karena SEO sebenarnya hanya alat untuk memenangkan persaingan di sebuah “kata kunci/keywords” saja, sedangkan jumlah pengunjungnya  bergantung pada Trend Pencarian.
  2. Trend Pencarian adalah kondisi yang menunjukkan besarnya animo pengguna internet terhadap suatu topik. Untuk mempelajari dan membandingkan trend pencarian topik-topik tertentu, Google sudah menyediakan free tools yang diberi nama google trends. Melalui tools ini kita bisa mengetahui topik-topik apa yang sedang hangat dibicarakan dan banyak mengundang visitor supaya datang membaca di blog kita.
  3. Promosi Blog. Faktor yang sat ini tidak boleh ditinggalkan, karena inilah satu-satunya faktor yang bisa membuat blog kita “booming” sekalipun masih tergolong blog baru. Promosi blog yang paling baik adalah melalui media sosial : Facebook, Google Plus, dan Twitter. Semakin sering berpromosi di media sosial, maka semakin banyak yang mengenal nama blog dan artikel blog anda.
  4. Seberapa Populer Diri Kita. Tidak dapat disangkal lagi, jika seorang artis menulis blog, maka pasti pengunjungnya berlimpah. Walaupun, isi blog tersebut kurang berkualitas atau terkesan asal-asalan. Begitu pula sebaliknya, jika kita bukan seorang publik figur maka dipastikan kita harus melewati masa “berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian, nulis artikel melulu pengunjung tak datang-datang”. Hahaha..,

Nah, itulah empat faktor kunci yang menentukan jumlah pengunjung sebuah blog. Entah itu blog lama ataupun blog baru. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi para blogger semua, selamat berkarya.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.