Cara Melacak Device Android Lain

Android merupakan salah satu jenis smartphone yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan ponsel generasi sebelumnya. Salah satu kelebihan Android adalah dapat melacak keberadaan android lain. Bagaimana bisa? Ya, Sharing Location merupakan salah satu fitur yang dibenamkan dalam aplikasi Google+ Android. Namun, untuk menggunakan fitur ini Google harus mendapat persetujuan dari pengguna karena pelacakan lokasi adalah ranah privacy.

Bila anda tertarik untuk menggunakan fitur ini, silahkan mencoba langkah berikut:
1. Masuk ke Akun Google > Google+.
Bagi yang belum memiliki Google+, kamu bisa membuatnya menggunakan akun GMail karena Google telah menghubungkan semua fiturnya dalam satu akun yaitu Akun Google. Atau langsung mengakses halaman https://accounts.google.com/ServiceLogin?passive=1209600&osid=1&continue=https://plus.google.com/&followup=https://plus.google.com/ untuk login dan mengatur Google+ anda.
 

2. Buka setting Google+ pada menu.
Menu setting berada pada deretan menu utama, namun biasanya terletak pada bagian paling bawah menu. Jika anda sudah menemukan pilihan “Setting” maka pilih menu tersebut. sehingga terbuka submenu setting.

3. Centang Enable Sharing Location Pada Setting Location
Dengan mencentang Enable Sharing Location, maka Google menganggap pengguna mengetahui konsekuensi dari Share Lokasi. Google juga berhak untuk mendeteksi lokasi anda berada selama dalam jangkauan internet via device android yang anda bawa.

4. Atur siapa saja yang dapat melihat lokasi Anda
Walaupun telah memilih opsi Enable Sharing, namun Google tidak serta merta membagikan lokasi anda pada semua orang. Anda diberikan keleluasaan untuk memilih siapa saja yang dapat melihat lokasi device Android anda. Menarik bukan?

5. Simpan settingan.

Setelah melakukan setting pada Google+  kini saatnya melakukan setting pada device android anda. Karena terintegrasi pada aplikasi Google+ Android terbaru, maka disarankan untuk update atau memperbarui aplikasi Google Plus yang sudah lama. Walapun terintegrasi, Google memberikan widget shortcut untuk langsung mengakses lokasi rekan-rekan anda yang anda kehendaki. Berikut ini adalah contoh tampilan Google lokasi pada device Android.

Untuk memasang widget Google Lokasi sangat mudah. Anda cukup memilih menu tambah widget > Google+ Lokasi Pengguna. Nah, jika anda melakukan dengan benar, maka widget akan muncul di salah satu layar utama.

 

Kemampuan dari Locator Google ini adalah mengupdate lokasi device android secara periodik. Sehingga bila sebuah device dalam keadaan bergerak, maka tampilan lokasi juga bergerak secara periodik. Namun perlu diketahui, kemampuan mendeteksi lokasi sangat bergantung pada akses internet device yang dilacak. Jika device tidak tersambung dengan internet, maka tampilan Google Lokasi hanya menunjukkan lokasi terakhir ketika device terlacak.

Google Lokasi tidak hanya mampu melacak satu atau dua lokasi device saja,melainkan hingga jumlah ratusan device.Namun juga perlu diketahui, semakin banyak device yang dilacak maka semakin lama pula load tampilan pada device Android. Google lokasi sangat cocok untuk sekelompok tim yang bekerja tersebar di beberapa lokasi. Merasa penasaran? langsung coba dan buktikan.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.