Tips Supaya Blogging Menjadi Kegiatan Sampingan

Menulis blog atau blogging bisa menjadi kegiatan yang sangat menyita waktu. Seorang blogger bahkan bisa menghabiskan waktu sekitar 12 jam setiap hari hanya untuk mengutak-atik blog. Tentu saja hal tersebut tidak terlalu produktif dan terkesan buang-buang waktu. Berikut ini adalah tips mujarab supaya menulis blog tetap menjadi kegiatan sampingan:

1. Memilih template yang terbaik
Seorang blogger harus memastikan bahwa template yang digunakan adalah tampilan terbaik dan sesuai keinginan. Blog secara alami adalah tempate untuk menulis sehingga Blogger harus memilih template yang benar-benar mengutamakan tulisan (konten oriented). Para Blogger tidak perlu ribet dengan tampilan aneh-aneh karena hal tersebut membuat pembaca merasa aneh untuk mampir ke blog anda. Blogger juga harus memastikan bahwa template blog berfungsi secara optimal di layar dekstop maupun mobile.

2. Buat artikel setelah membaca berita
Banyak blogger yang membuang waktu mereka di depan layar gara-gara kehabisan ide sewaktu menulis. Terkadang banyak pula yang menyertakan bagian CoPas di blog setelah kehilangan ide. Supaya tidak terjadi hal demikian, sangat dianjurkan bagi para blogger untuk membuat tulisan setelah membaca berita di media massa. Dengan membaca sebelum menulis maka dipastikan 99%  tidak akan kehabisan ide dalam menulis.

3. Buat artikel sepanjang masa
Artikel blog dapat digolongkan menjadi 2 macam, yaitu artikel temporer dan artikel sepanjang masa. Artikel temporer adalah artikel yang berisi informasi untuk jangka waktu tertentu saja, setelah jangka waktu tersebut maka artikel tersebut kehilangan nilai kegunaan. Contoh artikel temporer adalah artikel berita. Artikel sepanjang masa adalah artikel yang tetap berguna sampai kapanpun, misalnya cara membuat jamu atau tips menjaga kesehatan. Nah, para blogger sebaiknya memilih untuk membuat artikel yang bisa digunakan sepanjang masa.

4. Utamakan kegiatan nyata
Banyak diantara blogger yang terbuai dengan kegiatan menulis blog dan melupakan kegiatan nyata. Mulai sekarang, sebaiknya mengutamakan kegiatan nyata karena apa yang dilakukan secara nyata dapat menuai hasil lebih besar daripada blogging. Blog memang dapat menghasilkan uang, namun bukan berarti semakin lama di depan laptop maka uang kita semakin banyak.

5. Promosikan blog di Media Sosial menjelang tidur
Promosi blog adalah kegiatan yang penting dalam meraih visitor. Oleh karena itu kegiatan promosi blog tidak boleh ditinggalkan, bahkan harus dilakukan setiap hari. Waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut adalah saat malam menjelang tidur. Blogger bisa mempromosikan hingga 10 artikel, supaya tidak terdeteksi sebagai spammer. Artikel yang anda promosikan di malam hari akan terbaca oleh pengguna media sosial pada keesokan harinya.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.