Solusi Banned Parsial Untuk Penayang Adsense

Salah satu pantangan yang wajib diikuti oleh publisher adsense Indonesia adalah menghindari konten dewasa. Sanksi yang diberikan oleh Google ke publisher bervariasi, mulai dari teguran, banned parsial, maupun banned total. Sanksi yang diberikan sangat bergantung pada berat-ringannya pelanggaran yang dilakukan.


Hal serupa pernah saya alami ketika menulis konten, bahkan hingga dua kali. Lalu apa penyebabnya? tentu saya tidak tau secara pasti. Kronologi pertama adalah ketika saya menulis artikel tentang Pijat Refleksi Untuk Mengatasi Ej***lasi Dini. Konten ini tentu tidak berbau konten dewasa, karena yang saya tulis adalah cara memijat titik-titik syaraf dilengkapi dengan gambar titik pijatnya. Sanksi kepada blog saya adalah halaman yang bersangkutan tidak dapat menampilkan iklan adsense. (hanya halaman tersebut saja!, halaman yang lain bisa)

Kejadian kedua sekitar beberapa hari ini ketika saya menulis artikel “Po***grafi Akan Membuat Dunia Lebih Baik?”. Hal yang terjadi adalah halaman ini tidak bisa menampilkan iklan Adsense, padahal artikel yang saya tulis adalah cuplikan dari JPNN. JPNN menuliskan pendapat unik seorang pakar (Profesor) dari Australia. Walaupun isi artikelnya bukanlah artikel tabu, namun Google tidak membedakannya.

Berdasarkan dua fenomena di atas, daya menduga bahwa penentu banned adsense pada halaman tertentu adalah sebuah “robot”. Alasannya adalah biarpun artikel kita tidak memuat konten dewasa, namun bila terselip kata-kata tertentu yang di “Blacklist” maka dinyatakan sebagai konten dewasa. Robot ini, bisa saja merugikan publisher atau juga menguntungkan.

Beberapa hal yang mungkin bisa membantu menghindari fenomena ini adalah

  1. Usahakan tidak menggunakan kata-kata berbau konten dewasa dengan memilih kata lain yang tidak sensitif, jikapun tidak ada kata pengganti  maka gunakanlah tanda bintang *** untuk menyensor beberapa huruf.
  2. Hindari penyebutan kata sensitif berulang, karena dapat membuat kata sensitif terlihat menonjol dari aspek density keywords. 

Nah, dengan mengikuti solusi di atas maka besar kemungkinan untuk menghindari jebakan banned parsial dasense oleh robot google. Selamat berekspresi.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.