Pentingnya Kanonikal Bagi Template Blogger

Kanonikal merupakan salah satu penanda penting bagi sebuah blog. Mengapa demikian? Karena kanonikal adalah penanda bahwa sebuah alamat site merupakan url inti atau bukan. Pada praktik sehari-hari, didapati bahwa sebuah halaman blog dapat dikases oleh lebih dari satu url. Misalnya halaman “ABC” bisa diakses dengan 3 (tiga) alamat, yaitu:

  1. http://contoh.com/abc.html
  2. http://contoh.com/abc.html?m=0
  3. http://contoh.com/abc.html?m=1

Ketiga url tersebut sesungguhnya mengarah pada halaman yang sama, walaupun memiliki alamat url yang berbeda. Kondisi yang demikian membuat sebuah halaman dianggap sebagai tiga halaman berbeda oleh alogaritma mesin pencari (search engine). Selanjutnya mesin pencari akan menyatakan bahwa terjadi duplikasi judul, meta keywords, meta description, maupun konten antara ketiga url tersebut.

Efek negatif ini dapat dihindari dari dengan menambahkan script kononikal pada template blog. Untuk  blogger blogspot, kode multifungsi yang paling aman adalah

<link expr:href=’data:blog.url’ rel=’canonical’/>

Kode di atas dipasang pada area head, yaitu dibawah kode <head>….. dan di atas kode </head>. Kode di atas bersifat autogenerate, artinya secara otomatis akan menampilkan alamat url utama pada tiap halaman. Semisal laman “ABC” di atas, bisa diakses dari 3 url :

  1. http://contoh.com/abc.html   (alamat utama)
  2. http://contoh.com/abc.html?m=0    (alamat dummy)
  3. http://contoh.com/abc.html?m=1    (alamat dummy)

Kanonikal akan menampilkan bahwa link alamat url halaman “ABC” adalah “http://contoh.com/abc.html” pada ketiga alamat url di atas (baik halaman asli maupun dummy). Adanya kanonikal dapat mempermudah pengenalan bagi sebuah mesin penelusur (search engine).

duplicate meta description pada google webmaster

Penambahan kode kanonikal disebut-sebut sebagai solusi untuk menghindari duplicate meta description pada Google Webmaster Tools, selain penggunaan meta description dinamis. Penambahan kanonikal bagi para blogger adalah wajib hukumnya karena blogger tidak pernah lepas dari mesin pencari Google dan Google Webmaster Tools. Okey, Selamat bereksperimen !!

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.