Backlinks NoFollow Dan DoFollow

Banyak para blogger mengejar backlink untuk keperluan SEO. Namun, tidak semua blogger menemui hasil manis. Para blogger percaya perolehan backlink merupakan faktor penting untuk bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian Search Engine. Alasannya adalah semakin bermutu (penting) blog maka akan semakin banyak pula tautan ke blog itu, dan Google biasanya memberikan penghargaan berupa PageRank pada blog bermutu. Maka berbondong-bongdonglah para blogger untuk mencari backlinks.

Cara Mencari Backlinks

Banyak cara yang dilakukan oleh blogger antara lain. Para blogger biasanya menggunakan cara termudah dan tersingkat. Apalagi jika motivasi yang diusung adalah mendapat Rupiah lewat internet. Berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan backlink yang dilakukan oleh blogger :

  1. Meningkatkan kualitas blog, cara ini merupakan rekomendasi dari Google. Menurut Google, konten yang bermanfaat akan membuat pengunjung lebih kerasan dan pada akhirnya akan membuat rujukan pada blog berkualitas tersebut. Cara ini sangat realistis, namun untuk melakukannya butuh keseriusan dan ketekunan.
  2. BlogWalking Organik, cara ini sangat populer dulu namun secara perlahan semakin meredup. BlogWalking adalah mengunjungi dan memberikan komentar pada blog lain, tujuannya adalah untukmenyelipkan link pada komentar sekaligus mengharapkan kunjungan balik dari blogger lain. Dalam blogwalking ini pemilik blog benar-benar mengunjungi blog lain.
  3. Farm Link, biasa dilakukan oleh blogger yang memiliki produk tertentu, semisal penyedia template blog. Pada template blog selalu disertakan link ke blog pembuat template. Cara ini lebih santun dibandingkan blogwalking karena blog dihargai sesuai hasil karyanya.
  4. Memburu situs PageRank, cara ini dilakukan supaya blog terlebih terpercaya karena mendapatkan link dari situs terpercaya lain. Banyak blogger menganggap cara ini sangat efektif untuk mendongkrak popularitas dan trafik blog, walaupun mencari situs ber-pagerank doFollow juga lumayan susah.
  5. Akrab Jejaring Sosial, cara ini bertuan supaya blog dikenal oleh teman dan kenalan. Walaupun backlinks yang didapatkan dari jejaring sosial bersifat noFollow, para blogger tetap mendapat keuntungan dan peningkatan traffik. 

Tujuan Mencari Backlinks

Bagi blogger pemula, tentu sangat bertanya-tanya, mengapa blogger lainnya berlomba-lomba untuk mendapatkan backlink? Sebenarnya tujuan dari mendapatkan backlink sangat beragam karena aktifitas tersebut sebenarnya adalah kegiatan pribadi seorang blogger untuk memajukkan blog yang dikelola. Berikut ini adalah motivasi dari para blogger untuk meraih backlinks:

  1. Meningkatkan jumlah pengunjung blog.
  2. Meningkatkan trust (tingkat kepercayaan) sebuah blog.
  3. Merampingkan peringkat Alexa.
  4. Meningkatkan income dari iklan.
  5. Bersaing dengan blog tetangga.

Backlinks noFollow dan doFollow

Terdapat dua macam backlink yaitu noFollow dan doFollow. Backlink noFollow ditandai dengan atribut “rel=nofollow” pada link, sedangkan backlink doFollow ditandai dengan atribut “rel=dofollow” pada link. Lalu apa bedanya? Berikut ini adalah kepercayaan Blogger tentang backlinks noFollow dan do Follow :

Perbedaan backlink dofollow dan nofollow terletak pada nilai yang diberikan terhadap dua link tersebut, ketika mesin pencari google membaca sebuah backlink, link tersebut akan di analisa apakah link nofollow atau dofollow, jika link tersebut adalah sebuah backlink dofollow maka google akan menghitungnya sebagai sebuah point untuk halaman yang dirujuknya, kemudian akan diakumulasi dengan backlink-backlink lain yang sudah diperoleh oleh halaman rujuknya tersebut, memperhitungkan berapa banyak backlink yang merujuk pada halaman tersebut dan datang dari situs seperti apa backlink tersebut berasal.

Sedangkan jika backlink tersebut adalah backlink yang nofollow, maka link tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah point,  link nofollow tidak berarti apa-apa di mata mesin pencari google, tapi  meskipun link nofollow tidak dapat mempengaruhi pagerank setiap halaman, link ini tetap masih memiliki pengaruh dalam membantu meningkatkan trafic sebuah halaman.

Dari dua paragraf di atas dapat disimpulkan bahwa para blogger menganggap penting backlinks terutama backlink doFollow. Oleh sebab itu para blogger tidak sungkan untuk beramai-ramai mendapatkan backlink dofollow.

Cara Mengetahui Link DoFollow Dan NoFollow

Bagi pengguna Mozilla Firefox, salah satu  add-ons yang dapat digunakan adalah NoDoFollow. Pengguna Firefox tinggal membuka menu Tools atau Alat, dan memilih menu add-on atau pengaya. Setelahitu tinggal mencari melalui mesin penelusur untuk kata NoDoFollow. Nah…, pasti akan muncul addon yang dimaksud. Lalu pilih Pasang, jika memerlukan restart browser maka ikuti saja petunjuk yang ada.

Cara menggunakanNoDoFollow sangatlah mudah. User hanya butuh menekan klik kanan dan menentang NoDoFollow saat membukalaman yang akan dianalisis. Ketika NoDoFollow aktif, maka warna PINK menandakan bahwa link tersebut NoFollow. Selain PINK ada juga link yang berwarna CYAN, untuk menandai bahwa link bersangkutan adalah DoFollow.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.