Optimalisasi Template Blogger Ala Google PageSpeed Insight

Salah satu cara untuk mengukur kecepatan load halaman blog kesayangan adalah dengan Google PageSpeed Insight. PageSpeed Insight merupakan salah satu tools yang direkomendasikan Google untuk para webmaster blog. Kelebihan tools ini adalah tampilan yang sederhana dan tidak bertele-tele, namun memiliki keakuratan yang baik.

Pada kenyataannya tidak semua template blog memiliki optimasi yang baik, walaupun cara optimasinya sebenarnya sangat sederhana. Berikut ini adalah beberapa cara wajib untuk mengoptimalkan template blogger supaya lebih cepat dan lebih energik dimata Google PageSpeed.

1. Mengganti Tag Head
Jika tag head pada umumnya menggunakan < head > ….< /head >, maka pada blog tag seperti ini menimbulkan masalah perenderan halaman. Pada analisis PageSpeed akan muncul masalah block render yang diakibatkan salah satu css dari blogger. Untuk mengatasi masalah ini, bloger mania cukup mengganti kode “< head >” tanpa tanda kutip dengan kode “&lt; head &gt;” tanpa tanda kutip. Kode “< /head >” tanpa tanda kutip diganti dengan kode “&lt;!–<head/>–&gt;” tanpa tanda kutip.

2. Menambahkan Keterangan Async
Tanpa disadari template blogger mania memiliki banyak sekali link-link luar yang mengakses file javascript (.js). Jika demikian, maka hal tersebut akan membuat proses render halaman blog semakin lama karena server harus mengakses web-web lain yang belum tentu memiliki kecepatan transfer data yang baik. Untuk mengatasi hal tersebut Google PageSpeed menyarankan untuk menambahkan keterangan asinkron. Misalnya untuk kode berikut:

“<script src=’https://apis.google.com/js/platform.js’/>” tanpa tanda kutip.
karena belum memiliki keterangan asinkron, maka harus ditambahkan keterangan asinkron seperti berikut;

“<script async=’async’ src=’https://apis.google.com/js/platform.js’/>”
Nah, dengan menambahkan sedikit kata tersebut maka load halaman blog akan semakin lancar.

3. Menghilangkan Javascript yang Diulang
Masalah ini sering terjadi pada publisher adsense, dimana banyak yang mengulang-ulang .js yang tertaut pada “https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”. Perulangan tersebut membuat load halaman menjadi terbebani dan tampil lebih lambat terutama pada proses load iklan adsense-nya. Untuk mengatasi masalah ini, para blogger cukup menaruh satu kode javascript di area head. Lebih jelas lagi, taruhlah kode :
<script async=’async’ src=’https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js’/>
sebelum kode “< /head >” tanpa tanda kutip.
Dan jangan lupa untuk menghapus kode serupa yang terselip pada kode adsense para blogger.

4. Mengurangi Ukuran File Gambar
Jika blog yang dikelola para blogger sekalian bukan blog yang memerlukan gambar berukuran besar, maka sebaiknya blogger mengupload gambar yang sudah dikompres. Hal ini dikarenakan gambar berukuran besar ternyata banyak memakan waktu selama proses load halaman. Dengan memperkecil ukuran gambar, maka waktu load blog semakin efisien.

5. Mengurangi Gambar Thumbnail Posting
Gambar thumbnail alias gambar cuplikan, ternyata juga turut andil dalam memperlambat load halaman. Semakin banyak anda menampilkan gambar thumbnail maka semakin panjang waktu yang diperlukan untuk mengakses gambar satu persatu dari url masing-masing. Jika ada yang belum tau apa itu gambar thumbnail, contohnya seperti gambar berikut :



6. Membuat Expire Cache
Saran Google PageSpeed satu ini mungkin akan susah dipenuhi oleh blogger sekalian, karena sampai saat ini pun belum ada solusi. Inti dari saran ini adalah supaya webmaster menggunakan pengaturan cache yang memungkinkan penyimpanan sejumlah file dari halaman ke komputer penggunjung web, dengan harapan jika pengguna datang lagi ke halaman tersebut maka pengguna tidak perlu mengunduh ulang sejumlah file dari halaman tersebut. Saya sendiri sudah mencoba menambahkan meta tag yang dianggap dapat membantu penyimpanan cache, namun belum juga menemui hasil optimal.

Sementara ini hanya 5 saran utama yang bisa saya share, walaupun hanya saran sederhana itu sudah cukup untuk membuat halaman blog rekan semua memiliki nilai diatas 86 pada hasil analisis Google PageSpeed Insight.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.

2 Komentar

Komentar ditutup.