Kajian Meta Keywords dan Meta Description Blogger

Meta Keywords dan Meta Description adalah dua “Meta” penting dalam optimalisasi Search Engine. Walaupun kini GoogleBot (robot perayap kepunyaan Google) sudah lebih berorientasi ke konten namun mesin pencari lain masih menggunakan meta tersebut. Jadi tidak ada salahnya jika blogger tetap mengembangkan meta keywords dan meta description.

Meta keywords adalah keterangan kata kunci dai suatu halaman yang dapat kita atur sesuka hati melalui template. Karena dapat dimanipulasi sesuka hati maka banyak spammer yang menyalahgunakan hal ini dengan menuliskan berbagai keywords yang tidak sesuai dengan artikel blog-nya. Pada akhirnya halaman-halaman spam ini dapat mengecoh Search Engine dan membuat hasil pencarian tidak akurat.
Pada template blog, meta keywords ditulis dalam kode :
< meta content=’…..’  name=’keywords’ />
Kode html content=’….’ juga dapat diganti dengan kode expr:content=’……’ jika kita menginginkan kata tertentu dari data blog muncul secara otomatis.

Meta description adalah cuplikan kecil dari konten halaman, seperti meta keywords, meta description juga dapat diatur sesuka hati melalui template blog. Namun sebaiknya jangan pernah membuat meta keywords sama dengan meta description, karena akan membuat laporan “duplicate” pada Google Webmaster. Meta description biasanya adalah kata yang ditampilkan pada index hasil mesin pencari.
Pada template blog, meta keywords ditulis dalam kode :
< meta content=’…..’  name=’description’ />
Kode html content=’….’ juga dapat diganti dengan kode expr:content=’……’ jika kita menginginkan kata tertentu dari data blog muncul secara otomatis.

Membuat Dynamic Meta Keywords dan Meta Description
Meta Keywords dan Meta Description yang sama pada setiap halaman blog akan menimbulkan masalah pengelolaan pada GoogleWebmasterTools.Masalah tersebut adalah kemunculan tanda kesalahan karena terjadi duplikasi keywords dan description. Alternatif yang paling baik untuk menyelesaikan masalah ini adalah membuat keywords dan description yang berbeda pada setiap halaman (dinamis).

Cara membuat keywords dan description dinamis sangat mudah, yaitu dengan menambahkan persyaratan kondisi. Pertama-tama kita bedakan struktur blog menjadi 2, yaitu:

  1. Homepage, atau halaman utama dari blog.
  2. Bukan Homepage, atau halaman yang bukan halaman utama termasuk halaman posting, halaman search, halaman label.

Pembagian menjadi dua di atas dimaksudkan untuk mempermudah pembuatan kode kondisi. Rencananya adalah Jika yang dibuka “HOMEPAGE” maka keywords/description adalah “A”. Jika yang dibuka “BUKAN HOMEPAGE” maka keywords/description adalah “B”. Untuk membuat perintah tersebut kita menggunakan kode:

<b:if cond=’data:blog.url == data:blog.homepageUrl’> ……. </b:if>

untuk pengaturan keywords/description saat yang dibuka adalah “HOMEPAGE”. Sedangkan untuk membuat pengaturan keywords/description saat yang dibuka adalah “BUKAN HOMEPAGE” menggunakan kode berikut:

<b:if cond=’data:blog.url != data:blog.homepageUrl’> ……. </b:if>

Tanda “…….” adalah tempat untuk menuliskan kode meta keywords dan meta description, sehingga akan menjadi kombinasi seperti berikut:

<b:if cond=’data:blog.url == data:blog.homepageUrl’>
<meta content=’TULIS KEYWORDS DISINI’  name=’keywords’/>
<meta content=’TULIS DESCRIPTION DISINI’  name=’description’/>
</b:if>

<b:if cond=’data:blog.url != data:blog.homepageUrl’>
<meta content=’TULIS KEYWORDS DISINI’  name=’keywords’/>
<meta content=’TULIS DESCRIPTION DISINI’  name=’description’/>
</b:if>

Supaya tampak lebih dinamis, kode “ content=’..’ ” bisa diganti dengan kode otomatis, antara lain:

  1. expr:content=’data:blog.title’ , yang berarti konten adalah Title dari blog.
  2. expr:content=’data:blog.pageName’, yang berarti konten adalah judul halaman/post.
  3. expr:content=’data:blog.metaDescription’, yang berarti konten adalah deskripsi dari post.

 Webmaster juga dapat membuat kombinasi atau menyisipkan kata statis seperti kode berikut:

<meta expr:content=’data:blog.pageName + &quot; , &quot; + data:blog.metaDescription’ name=’keywords’/>

Kode di atas memiliki makna “KONTEN adalah Judul Post + tanda koma + Deskripsi Post, namakan konten tersebut KEYWORDS”. Dengan kode tersebut, maka akan dihasilkan keyword berbeda pada tiap halaman posting sesuai dengan judul dan deskripsi post.

Deskripsi post adalah isi dari kotak search description yang tampil pada bagian kanan tempat penulisan posting. Deskripsi post ini biasa ditampilkan pada cuplikan hasil pencarian Search Engine. Oleh karena deskripsi ini bisa atur sendiri, jadi webmaster wajib untuk memanfaatkannya secara baik. Selamat berkreasi !

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.

1 Komentar

Komentar ditutup.