Pendidikan Gratis Sangat Mungkin Bila Didukung Infrastruktur Yang Baik

Permasalahan pendidikan adalah salah satu topik yang belum dapat terselesaikan oleh pemerintah. Banyak faktor yang berpengaruh, salah satunya infrastruktur komunikasi yang belum merata. Bahkan banyak daerah yang belum terjangkau sinyal telepon sehingga untuk mengetahui kondisi daerah tersebut saja susahnya bukan main.

Sebenarnya pemerataan pendidikan dapat dilakukan dengan media komunikasi apa saja, salah satunya internet. Internet dianggap sebagai media yang paling potensial karena mampu menghubungkan tempat-tempat yang jaraknya ribuan kilometer. Sebut saja antara Sabang dan Merauke, melalui media internet orang Sabang bisa mengirimkan text, gambar, suara, bahakan telekonferen dengan orang Merauke.

Fasilitas internet perlu dipacu pertumbuhannya supaya terjadi loncatan kemajuan di berbagai daerah. Apalagi pada awal tahun 2014, salah satu penyedia layanan belajar online dari Inggris, Quipper School memiliki minat untuk berinvestasi di Indonesia. Kehadiran Quipper School juga diberi apresiasi oleh website lokal, RumahKepulungan yang kebetulan memiliki pandangan tentang pemerataan pendidikan di Indonesia.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.