Blogger Vietnam Ditahan Aparat Setempat

VOA: Nguyen Quang Lap ditahan, sementara polisi menggerebek rumahnya di bagian selatan Ho Chi Minh City hari Sabtu (6/12). Kementerian Keamanan Publik mengatakan dalam situsnya, polisi sedang menyelidiki pelanggaran hukum yang diduga dilakukan Lap tetapi tidak merinci.
Suratkabar Labor mengutip istri Lap, Ho Thi Hong, yang mengatakan mereka diberitahu polisi bahwa Lap ditahan karena menulis sejumlah artikel yang mengecam Partai Komunis yang berkuasa. Minggu lalu, polisi Ho Chi Minh City juga menangkap penulis blog Hong Le Tho atas dugaan menerbitkan tulisan anti-pemerintah.

Berbagai organisasi HAM internasional dan sejumlah negara Barat, termasuk Amerika, telah mengecam Vietnam karena menahan orang-orang yang menggunakan kebebasan berpendapat secara damai. Vietnam berkeras hanya memenjarakan pelanggar hukum. Awal tahun ini Vietnam membebaskan 12 orang yang ditahan karena menggunakan kebebasan berekspresi mereka.

Fenomena penangkapan blogger banyak dilakukan di berbagai negara, karena blog merupakan salah satu media online yang begitu dikenal dan mudah ditemukan melalui mesin pencari. Blog memungkinkan seseorang untuk menulis apa saja sesuai dengan kehendak, kebebasan ini ternyata membuat banyak pihak tersinggung dengan tulisan para blogger.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.