Acar Mentimun, Hidangan Klasik Rusia

Seni membuat acar Rusia berasal dari Tiongkok, yang dibawa oleh kaum Mongol Tartar pada abad ke-13. Saat ini, acar mentimun merupakan bagian dari budaya kuliner Rusia yang sejajar dengan vodka. Acar dan vodka sama-sama kerap disajikan sebagai hidangan pembuka di acara makan malam Rusia. Acar juga merupakan pelengkap klasik bagi banyak hidangan tradisional Rusia, seperti beef stroganoff. Dan, sama seperti acar yang mengawali setiap acara makan malam Rusia, jus acar atau rasol merupakan bahan esensial bagi sebagian besar sup sayur umbi Rusia serta ramuan penawar mabuk yang mujarab.

Mentimun tumbuh subur pada musim panas. Pada saat inilah mentimun murah membludak dan tersedia di setiap sudut jalan. Sayangnya daya tahan mentimun sangat singkat, sehingga banyak orang membiarkan mentimun bergantung di pohonnya terlalu lama, atau jadi punya terlalu banyak mentimun mentah untuk dinikmati. Membuat acar mentimun adalah solusi ideal untuk masalah tersebut.

Membuat acar sangatlah mudah, namun Anda harus memastikan semua perlengkapan Anda steril, termasuk alat-alat dapur dan wadah untuk acar. Sebaiknya, Anda merendam semua perlengkapan dalam air mendidih sebelum digunakan. Gunakan larutan air dan cuka ringan untuk membersihkan permukaan meja tempat Anda membuat acar. Tapi, dalam resep kali ini kita tak memerlukan cuka, karena cuka dan waktu membuat acar yang lama malah akan menghasilkan acar dill yang sarat garam atau asam.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.