Cara Membuat Plov Makanan Khas Uzbek

impor blogger ke wordpress

Salam Semangat. Sahabat pasti pernah mendengar tentang istilah Plov Ternyata, fungsinya sangat penting dalam kehidupan masyarakat Uzbekistan, karena dia makanan (hehe, ngakak). Pada posting kali ini, akan diulas tuntas tentang Cara Membuat Plov Makanan Khas Uzbek. Sehingga, pastikan untuk membaca tuntas artikel ini sampai habis, biar tidak gagal paham.

Makanan Uzbekistan

Plov adalah masakan Uzbek yang terkenal di wilayah bekas Uni Soviet. Perbedaan plov di Uzbekistan dan plov di tempat lain sangat mencolok. Di Uzbekistan, makanan ini diperlakukan dengan ‘sangat serius’. Kita harus menaati resepnya dengan sungguh-sungguh. Sementara di negara bagian lain, plov diperlakukan seperti makanan biasa. Kita dengan mudah bisa mengganti bahan-bahannya

Plov Makanan Khas Uzbek

Bahan yang paling penting dari plov adalah rempah-rempah dan daging, terutama domba. Tapi sayangnya, tak ada rempah-rempah di Uni Soviet selain daun dill dan peterseli. Sementara domba, meski tersedia di pasaran, harganya terlalu mahal. Jadi plov dibuat dengan ayam sebagai ganti domba serta dill dan peterseli alih-alih jintan. Berikut ini cara membuat Plov.

Cara Membuat Plov

  1. Iris bawang bombai dan wortel secara memanjang.
  2. Potong daging domba menjadi bentuk dadu kecil dan goreng dalam wajan besar bersama lemak. Setelah matang, tambahkan bawang dan wortel dan goreng bersama dengan daging. Kemudian, masukkan 950 ml air serta garam dan merica sesuai selera. Masak hingga mendidih.
  3. Bilas beras tiga atau empat kali, kemudian masukan ke dalam panci bersama daging dan ratakan bagian atasnya.
  4. Tutup panci rapat-rapat dan masak selama 25-30 menit di atas api yang sangat kecil.
  5. Sajikan plov di piring dengan potongan daging domba di bagian atas. Taburi dengan irisan bawang bombai mentah.

Kesimpulan

Kesimpulan dari uraian di atas, sekaligus merujuk pada foto plov yang begitu “bikin ngiler”. Tidak ada salahnya dipraktikkan di rumah. Adapun yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa berbagi dengan tetangga. Terima kasih telah membaca artikel Cara Membuat Plov Makanan Khas Uzbek ini hingga tuntas.

Semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca. Namun, apabila merasa tidak puas atau sangat mendukung artikel ini, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.