Angka Melek Internet Dominan Kalangan Remaja

Akhir-akhir ini Indonesia memiliki jargon berkaitan dengan teknologi. Jargon tersebut adalah pemberantasan “BuNet” alias Buta Internet. Walaupun tidak seberapa gencar hingga ke pelosok desa, tetapi jargon ini cukup populer di kalangan remaja. Sejumlah media memprediksi bahwa hingga sekarang angka melek internet masih berkisar 30% penduduk.

Pemerintah menargetkan bahwa pada tahun 2015, angka melek internet mencapai 70% penduduk Indonesia. Sebuah target yang bisa jadi sangat ambisius, namun bukan berarti tidak beralasan. Pengguna internet di Indonesia masih didominasi kaum remaja. Kebanyakan dari mereka menggunakan internet untuk media sosial saja.

Lain halnya dengan kalangan profesional yang menggunakan internet sebagai media transaksi atau hal terkait pekerjaan, kalangan remaja justru seperti bahtera yang terkena arus teknologi internet. Bahkan banyak remaja yang susah terpisah dari koneksi internet dan banyak pula yang menjadi pengguna baru karena ikut-ikutan.

Apabila melirik pengguna internet di negara maju seperti Russia, Indonesia termasuk yang memiliki potensi pertambahan pengguna internet cukup besar. Jika Russia kini hanya sekitar 34% penduduknya belum menggunakan internet, maka Indonesia memiliki potensi hingga 70% penduduk sebagai pengguna baru. namun potensi ini sepenuhnya bergantung pada Pemerintah yang berperan sebagai pengambil kebijakan.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.