Sertifikat Pendidik Belum Menjadi Kualifikasi Guru Pada Perekrutan CPNS Tahun 2014

Sertifikat Pendidik merupakan hak dari lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dimana lulusan menyandang gelar Gr (guru) sesuai perundangan yang berlaku. Namun pada perekrutan tenaga pendidik (CPNS) tahun 2014 ini Sertifikat Pendidik belum menjadi kualifikasi wajib.

Hampir seluruh instansi pemerintahan seperti kementrian maupun kab/kota hingga 3 September 2014 belum menunjukkan formasi berkualifikasi Sertifikat Pendidik untuk perekrutan guru. Hanya ada beberapa kabupaten/kota saja yang menuliskan Sertifikat Pendidik sebagai kualifikasi, namun dalam kapasitas pengganti Akta IV (Akta Mengajar) yang sudah tidak diberlakukan.

Sertifikat Pendidik sebenarnya sudah dirintis sejak lama dalam rangka peningkatan mutu pendidik sekaligus mengangkat guru sebagai sebuah profesi khusus. Dengan diakuinya guru sebagai profesi, maka diharapkan harkat dan martabat guru dapat meningkat kedepannya.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.