Kekuatan Kapal Induk Milik India

Negara India mungkin sering kita kenal dengan film-filmnya, seperti Mahabrata, Ramayana, ataupun Jodha Akbar. Namun siapa sangka bahwa bangsa India sudah memiliki kekuatan tempur laut jauh melebihi bangsa maritim seperti Indonesia.

Hingga saat ini ada tiga kapal induk yang menjadi milik India, dua diantaranya sudah beroperasi sedangkan satu lainnya masih dalam tahap perancangan, dan tahun 2018 diperkirakan sudah bisa beroperasi.

Kapal induk India yang paling tua adalah INS Viraat yang sudah beroperasi mulai tahun 1987. INSViraat didesain untuk mengangkut pesawat tempur jenis Sea Harrier hingga 18 unit, serta 7 unit helicopter jenis Sea King Mk-42 atau Kamov Ka-28.

Menyusul pada tahun 2014, India mulai mengoperaskan kapal induk INS Vikramaditya sebagai bakal untuk menggantikan posisi penting INS Viraat. Kelengkapan INS Vikramaditya lebih modern dibandingkan pendahulunya, kapal ini didesain untuk mengangkut hingga 16 pesawat tempur MiG-29 dan hingga 16 helicopter Ka-28/31. Kamov adalah jenis helicopter yang digunakan untuk menghalau kapal selam lawan yang mendekati kapal induk.

Dan yang terbaru dari India adalah INS Vikrant, kapal induk ini memiliki spesikasi mirip INS Vikramaditya. Hingga sekarang INS Vikrant masih dalam tahap penyempurnaan. Menurut beberapa media, INS Vikrant akan mulai beroperasi pada tahun 2018 mendatang.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.

1 Komentar

Komentar ditutup.