Borei Class Submarine, Kapal Selam Generasi IV Russia

Russia terus memperkuat armada kapal selam, melalui project 955 atau dikenal dengan Borei Class. Kapal selam yang diproduksi oleh proyek ini adalah kapal selam generasi ke-IV menggantikan kapal selam tipe Delta-IV dan Typhoon.

Kapal selam pertama dari tipe Borei Class diluncurkan pada tahun 2007, dan diberi nama Yuri Dolgoruki K-535. Menyusul kemudian kapal selam tipe sejenis pada 2010 dengan nama Alexandr Nevsky. Tahun 2012, Russia kembali meluncurkan kapal selan tipe Borei dengan nama Vladimir Monomakh.

Kapal selam jenis Borei Class merupakan armada kapal selam tangguh yang dapat meluncurkan misil balistik jarak jauh. Borei class dapat meluncurkan misil Bulava yang diklaim mampu menjangkau sasaran hingga 10.000 km. Dengan jangkauan ribuan kilometer, Bulava dikenal sebagai misil antar benua. Sebelum didedikasikan untuk kapal selas Borei class, Bulava dipakai oleh kapal selam jenis Typhoon yang bernama Dmitri Donskoi.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.