Tips Memakai Busana “Main Tabrak”

Bukan rahasia lagi jika kesalahan berbusana bisa mengakibatkan “aib” sosial yang memalukan. Sebenarnya mode bukanlah sesuatu yang kaku, karena pada dasarnya mode adalah bagian lain dari seni yang membutuhkan kebebasan kreativitas, meskipun hal ini tidak dipahami oleh banyak orang.

Kini, perkembangan tren telah berevolusi dan tak lagi dikendalikan oleh industri. Banyak sekali tren yang berkembang dari gaya berbusana anak muda yang hidup di jalanan, ada pula yang berasal dari modifikasi tradisi dengan sentuhan modern, dan yang sekarang tengah digemari adalah busana tabrak motif dan warna.

Berikut ini merupakan panduan untuk mengaplikasikan konsep busana “main tabrak” dari beberapa sumber. Meskipun melanggar aturan, tetapi tidak membuat Anda terlihat aneh dan memalukan.

1. Sesuaikan warna dan bukan motifnya 
Agar tidak terlihat seperti salah kostum, kunci utama menerapkan tren tabrak warna adalah menyesuaikan warna busana, bukan motif. Warna yang senada meski menonjolkan motif yang berbeda, masih menghasilkan padu padan yang selaras di mata. Apabila pilihan busana yang akan dikenakan terdiri dari beberapa varian warna, maka sesuaikan dengan rona yang paling dominan. Sebenarnya, warna yang paling menghasilkan estetika berbusana terbaik tidak harus selalu sama. Sebab tipe warna berlainan pun bisa menjadi paduan yang memikat, seperti misalnya hijau tua dan kuning, merah muda dan biru, atau merah muda dan ungu. Hitam dan putih adalah paduan yang paling sempurna untuk semua pasangan warna.

2. Semakin sederhana motif maka semakin mudah dipadukan 
Motif yang paling sederhana dan paling mudah dipadukan dengan beragam gaya adalah motif garis-garis hitam dan putih. Apabila ingin tampilan yang lebih sempurna, pilihlah busana dengan motif yang sederhana. Apabila Anda ingin sedikit tantangan dan bereksperimen, Anda bisa mencoba menabrakkan motif bunga dan hewan yang memang tergolong sulit untuk dipadukan. Caranya, cocokan warna antara busana atasan dan rok atau celana, selama perpaduan warna selaras.

3. Sebarkan motif ke seluruh pakaian 
Memadukan gaya tabrak warna dan motif akan tetap proporsional, asalkan coraknya merata ke seluruh bagian busana. Intinya jangan menumpuk banyak motif di satu sisi saja, sebab bisa membuat penampilan tidak seimbang. Namun, ketika Anda ingin mengenakan tiga jenis busana dalam satu tampilan, pastikan salah satunya tidak bermotif alias polos, misalnya tanktop bermotif dipadukan dengan celana bermotif, maka jaket atau blazer tidak perlu menonjolkan motif.

4. Sempurnakan penampilan dengan warna solid 
Busana, yang dipadukan dengan varian motif dan warna, akan semakin bergaya dengan kehadiran aksesori sebagai “suplemen” penampilan. Namun, pastikan warna aksesoris menonjolkan rona solid yang senada dengan salah satu busana.

Jika anda tertarik untuk mencoba “main tabrak”, lakukanlah sekarang dan jangan takut karena setiap orang yang ada di jalan akan melirik anda.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.