Tips Berbelanja Secara Online Yang Aman Dan Menyenangkan

Apabila anda tertarik berbelanja secara online atau transaksi melalui media online. Tidak ada salahnya jika anda memperhatikan keamanan berbelanja anda. Berikut ini beberapa tips supaya belanja online anda menjadi nyaman.

  1. Apabila anda bemaksud membeli di Toko Online yang sudah memiliki nama, semacam Lazada atau Zalora. Sebaiknya anda memperhatikan jangkauan pengiriman, keamanan banking, keaslian barang, dan customer service.
  2. Apabila anda bermaksud membeli di Website Jual Beli, seperti berniaga.com atau olx.co.id, maka yang perlu anda perhatikan adalah alamat penjual, kontak penjual, kondisi barang, serta jenis transaksi.
  3. Apabila anda bermaksud membeli di Website Kecil atau Blog Referal. Maka sebaiknya anda memastikan kontak penyedia barang, kondisi barang, serta keamanan transaksi. Karena Website Kecil atau Blog Referal tidak ubahnya seperti penjual di website jual beli. 
  4. Apabila anda bermaksud membeli di Facebook atau Jejaring Sosial lain, maka yang harus anda cermati adalah kredibilitas penjual, alamat dan kontak penjual, pengiriman, dan keamanan transaksi.
  5. Untuk memastikan kondisi barang, seringlah berkomunikasi dengan penjual melalui customer service. Hal ini lebih baik daripada sekedar melihat gambar barang, jangan mudah mempercayai gambar karena bisa didapat darimana saja.
  6. Sebaiknya pengiriman barang melalui jasa pengiriman barang terpercaya seperti JNE atau Pos Indonesia, karena memiliki nilai pertanggungan jika barang kiriman rusak.
  7. Khusus brand ternama, sebaiknya anda langsung memesan kepada produsen. Karena barang tiruan banyak beredar di pasaran, terkecuali anda memahami kondisi barang karena telah berkomunikasi dengan penjual.
  8. Transaksi yang paling nyaman adalah ketika penjual bertemu langsung dengan pembeli. Bila tidak memungkinkan, bisa juga melalui transfer bank dengan syarat dapat dipertanggungjawabkan.
  9. Terdapat dua metode berdagang online, yaitu Produsen To Konsumen dan Referal To Konsumen. Produsen To Konsumen, pembuat barang langsung berdagang ke konsumen tanpa perantara, biasanya digunakan pemesanan dalam jumlah banyak, harga relatif lebih murah, stok barang selalu tersedia. Referal To Konsumen, adalah penawaran dari bukan pembuat kepada konsumen, harga sedikit lebih mahal, stok barang terkadang habis dan harus memesan ke produsen.
  10. Anda harus memahami bahwa sebenarnya Toko Online, Website Kecil, dan Blog Referal adalah sama-sama Referal To Konsumen. Sehingga harga terkadang lebih mahal dan stok terkadang habis. Sehingga anda harus memperhatikan detail kondisi produk, komunikasi dengan penjual, pertanggungan jawab, dan pengiriman.

Kami selalu menginginkan terciptanya kondisi jual beli online yang tidak merugikan penjual maupun pembeli. Belanja secara online bukanlah sesuatu yang menakutkan, jika anda cermat dalam melihat barang, komunikasi, dan bertransaksi. Selamat Berbelanja.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.