Teknik Dasar Memotong Rambut

Pada artikel ini saya akan membagikan tips dan teknik dasar memotong rambut dari beberapa sumber terpercaya. Secara umum, teknik memotong rambut ada 4 macam, sebagai berikut:

1. Sliding Cutting
Teknik ini menghasilkan model rambut di mana bagian luar lebih pendek dan semakin panjang pada rambut bagian dalam. Sehingga rambut akan terlihat seperti susunan layer yang halus. Teknik ini bisa juga untuk membentuk rambut mengarah ke dalam seperti diblow.

2. Dry Cutting
Teknik ini hampir sama dengan sliding cutting, hanya saja lebih detail. Dry cutting lebih sesuai untuk rambut tebal atau rambut yang bervolume. Teknik ini bisa mengurangi kekusutan rambut.

3. Direct Cutting
Direct cutting sesuai diaplikasikan untuk rambut yang mengembang. Dengan teknik ini, rambut bisa lebih jatuh ke bawah dan bukan ke samping, sehingga rambut tidak terlalu mengembang.

4. Thinning Cutting
Thinning cutting adalah teknik dengan prinsip menipiskan rambut. Teknik memotongnya dimulai dari akar rambut. Teknik ini lebih pas untuk rambut yang terlalu tebal. Selain itu, yang harus diperhatikan pula, memotong rambut itu tidak boleh asal. Ada teknik tertentu bagian mana yang harus dipotong dulu.

Memotong rambut pada dasarnya dari bawah. Bisa dimulai dari bagian belakang kemudian ke samping. Memotong rambut bagian samping perlu lebih hati-hati. Terlebih rambut samping yang dekat dengan wajah. Rambut samping yang dekat wajah paling penting, sebab bagian itu akan memengaruhi pantas tidaknya wajah seseorang dengan model rambut tertentu.

Contoh potongan rambut untuk jenis rambut dan bentuk wajah tertentu, seperti berikut ini:
Rambut Ikal, Wajah Pendek
Rambut bergelombang, terlebih ikal, sebaiknya tidak memotong pendek rambutnya. Sebab, rambut akan terlihat lebih mengembang ke samping, sehingga akan membuat bentuk wajah yang pendek akan semakin kelihatan pendek. Trik memotong rambut bergelombang cenderung ikal adalah dengan membuat bagian depan agak panjang. Sehingga, rambut tidak menggembung. 
Rambut Tebal
Untuk rambut tebal, tentunya butuh ditipiskan agar lebih mudah diatur. Rambut tebal juga bisa diakali dengan membuat rambut menjadi berlapis-lapis.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.