Keunikan Rancangan Pesawat Tempur (Air Fighter) Canggih

Pesawat tempur alias “fighter” hanya dapat diproduksi oleh negara-negara tertentu, yaitu negara yang memiliki perekonomian kuat dan teknologi tinggi. Amerika Serikat, Inggris, Perancis, China, dan Russia adalah negara yang memiliki banyak riset tentang pesawat tempur. Sementara ini, Indonesia masih belum cukup mampu untuk melakukan riset pesawat tempur.

Perbandingan kemampuan tempur antar pesawat belum bisa diketahui, karena pertempuran pesawat tempur melawan pesawat tempur lainnya sangat jarang terjadi. Selama ini yang dijadikan perbandingan adalah teknologi dari pesawat yang bersangkutan. Pesawat yang memiliki teknologi lebih canggih dianggap sebagai pemenang, terlepas dari kemampuan pilot.

Setiap pesawat tempur memiliki keunikan tersendiri hal ini bisa terlihat dar rancang bangun pesawat. Beberapa pesawat juga memiliki kemampuan stealth (tidak tertangkap radar) seperti F-22 Raptor dan F-35 Lightning dari Amerika Serikat, sedangkan Russia dan China diwakili oleh Su-50 Firefox (dikenal dengan Sukhoi PAK FA) dan J-21 Fighter. Berikut ini beberapa rancangan unik pesawat canggih yang masih digunakan/dikembangkan hingga saat ini.

1. Dassault Rafele (Perancis)

2. Euro Fighter (Uni Eropa)

3. Tornado Fighter (Inggris dan Jerman)

4. F-22 Raptor (Amerika Serikat)
5. F-35 Lightning (Amerika Serikat)
6. Su-47 Berkut (Russia)

7. Su-50 Firefox/Sukhoi T-50 PAK FA (Russia)


8. J-21 Fighter (China)
Mulai dari pesawat tempur buatan Perancis, hingga buatan China memiliki desain yang berbeda. Masing-masing negar pembuat mengklain keistimewaan atas bentuk pesawat tempurnya. Bentuk yang cukup unik ditampilkan oleh pesawat Su-47 Berkut milik Russia, dimana bentuk sayap berbeda dengan pesawat lain.
About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.