Ketika Masuk Toilet Sebaiknya Perempuan Tidak Langsung Duduk

Bagi perempuan sebaiknya berhati-hati menggunakan toilet umum, apalagi toilet tersebut adalah toilet duduk. Karena saat lagi kebelet, tak peduli toilet jongkok atau duduk, yang penting bisa langsung plong. Tapi, ternyata tak sedikit perempuan yang keliru dalam menggunakan toilet, terutama jenis toilet duduk.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara penyebaran kuman papillomavirus (HPV), penyebab kanker serviks. Hal tersebut disampaikan Bambang Heriyanto, mentor GPKSI (Gerakan Pencegahan Kanker Serviks Indonesia). Di hadapan puluhan perempuan yang menjadi peserta seminar awam di ruang serbaguna perpustakaan Bank Indonesia Selasa (27/5), dia menjelaskan cara benar ke toilet.

Sederhana, namun dapat menyelamatkan perempuan dari risiko kanker serviks. ”Saat masuk toilet jangan langsung duduk,” ungkapnya. Lebih lanjut, dia menjelaskan, dudukan pada toilet duduk berisiko terpapar virus dan kuman. Tanpa disadari, virus HPV yang bersumber dari pengguna toilet sebelumnya dapat singgah di dudukan toilet tersebut.

Virus itu bisa menempel pada bagian pantat dan masuk ke vagina. Itulah yang bisa menjadikan seseorang terkena kanker serviks. Untuk mencegahnya, lebih baik bersihkan dahulu dudukan toilet. Bisa dengan air, tisu, atau cairan antiseptik khusus toilet. ”Setelah dibersihkan, keringkan,” katanya. Selain itu, dia menyarankan untuk menggunakan air mengalir atau yang berasal dari keran air ketika membasuh area kewanitaan.

Penggunaan air yang tertampung di bak mandi sangat berisiko tercampur dengan virus dan kuman. ”Tangan yang dipakai untuk membasuh organ genital kan juga dipakai untuk mengambil air dengan gayung. Nah, air dalam bak bisa terkontaminasi,” jelasnya. Acara itu diselenggarakan Kagumi (Ikatan Wanita Gemuk Indonesia) dan Kombes (Komunitas Besar) Surabaya.

Nah, mulai sekarang mari kita ubah kebudayaan main cospleng saat masuk toilet. Hal ini harus dilakukan demi mencegah kuaman dari orang lain masuk ke dalam tubuh kita melalui saluran genital, utamanya di toilet umum.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.