China, Kembalilah Ke Wilayahmu Sendiri ! Teriak Vietnam Dan Filipina

Konflik yang sedang memanas di kawasan Asia Pasifik saat ini adalah terkait klaim China atas Laut China Selatan. Tensi isu ini semakin meninggi karena lebih dari tiga negara ASEAN tercaplok wilayah lautnya. Namun, Vietnam dan Filipina lah yang bersura keras, sebab wilayah dua negara tersebut tercaplok cukup luas.

Beberapa hari lalu, kapan militer China juga memindahkan tambang lepas pantai milik Vietnam. Kapal-kapal militer Vietnam dan Filipina juga kerap bersitegang dengan kapal militer China ketika berpatroli. Seketika isu ini merambah ke ranah bisnis, karena pada saat yang bersamaan juga berlangsung KTT ASEAN yang membahas masalah ASEAN, salah satunya Pasar Bebas ASEAN 2015.

Klaim China atas laut China Selatan sangat berlebihan, karena terlalu jauh dari daratan China. Jika diperhatikan di peta, maka klaim China (dari beberapa media) meliputi wilayah berikut.

Klaim China akan Laut China Selatan sangat berbeda dengan krisis Russia-Ukraina. Namun demikian, sekarang sedang diusahakan upaya diplomatik untuk menyelesaikan masalah perbatasan ini. Secara umum, ASEAN mendukung berbagai upaya damai dan menghindari konflik militer.

Jika berhitung, konflik dengan negara-negara di ASEAN akan sangat merugikan China di sektor perdagangan. Karena ASEAN merupakan daerah pasar potensial bagi produk-produk China. Mungkin secara militer ASEAN tidak sekuat China, namun lawan yang dihadapi China ketika mengganggu ASEAN adalah lebih dari 10 negara, tentu ini sangat dipertimbangkan oleh China.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.