Bagaimana Pendidikan Yang Tepat Untuk Daerah Tertinggal ?

Banyak teori pendidikan, namun bagaimanakah pendidikan yang tepat untuk daerah yang mengalami ketertinggalan? Sebagian orang meyakini bahwa pendidikan dengan memaksimalkan lingkungan sekitar adalah yang terbaik, dan adapula yang berpendapat lain. Akhirnya, guru yang ada di daerah tertinggal kebingungan.

Ide tentang pendidikan di daerah tertinggal haruslah memperhatikan beberapa tahapan penting yang dirinci sebagai berikut;

  1. Tahap pra-informasi, yaitu tahapan dimana peserta didik menyempurnakan ketrampilan komunikasi mereka, seperti baca tulis, berbicara, menggunakan perangkat komunikasi dll.
  2. Tahap informasi, yaitu tahapan dimana peserta didik mencari dan mendapatkan informasi dari berbagai media disekitarnya. 
  3. Tahap berpikir, yaitu tahapan dimana peserta didik memikirkan berbagai informasi yang didapat, kemudian mengolah informasi tersebut menjadi sesuatu yang berguna.
  4. Tahap penerapan, yaitu tahapan dimana peserta didik mewujudkan berbagai ide dan kreasi sesuai dengan bakat dan minat sendiri. 

Jika anda adalah seorang guru, maka anda wajib mengetahui pada tahap mana peserta didik anda berada. Jika memang peserta didik masih berada di tahapan awal, maka jangan memaksakan peserta didik untuk bisa menguasai tahapan yang lebih tinggi. 

Membuka wawasan peserta didik tentang daerah yang lebih maju akan membantu meningkatkan motivasi belajar. Peserta didik haruslah memiliki sesuatu yang diinginkan atau dicita-citakan, supaya motivasi belajar mereka lebih kuat.

Moral dan nasionalisme juga dapat diberikan pada keseharian peserta didik di sekolah, melalui kegiatan sebelum masuk pelajaran, dalam pelajaran, atau sesudah pelajaran.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.