Profesi Guru Menjadi Isu Penting Dalam Dunia Politik Indonesia

Isu tentang program sertifikasi guru, ternyata menjadi isu yang cukup laris. Banyak partai politik yang silih berganti mengungkapkan janji tentang isu ini. Ada yang berkomitmen untuk melakukan penghapusan, adapula yang menilai bahwa hal tersebut harus tetap dilaksanakan.

Masyarakat haruslah mengetahui bahwa profesi guru adalah profesi penting untuk menentukan masa depan Indonesia. Guru adalah tulang punggung pendidikan nasional, sehingga tidak mungkin pemerintah mengabaikan kualitas guru. Untuk membangun Indonesia ke arah yang lebih baik, tidak hanya dibutuhkan kader yang loyal. Sumber daya manusia pun harus menjadi prioritas, karena kecil kemungkinan kemajuan tanpa sumber daya.

Pemerintahan di era SBY juga menyadari bahwa perlu untuk membenahi kualitas guru. Bukan hanya sebagai jargon politik, namun peningkatan kualitas guru lebih mengarah pada kebutuhan untuk mewujudkan generasi emas Indonesia.

Siapapun yang menjadi presiden atau wakil rakyat, hendaknya jangan pernah mengabaikan kualitas guru hanya untuk meraup suara saja. Pendidikan bukanlah mainan untuk kepentingan politik, melainkan sektor strategis untuk memajukan bangsa. Bangsa kita sudah sangat tertinggal dibandingkan negara lain, salah mengambil kebijakan di dalam pendidikan adalah tindakan “bunuh diri”.

Karena pentingnya kualitas guru, maka kurang bijak jika kita tidak memperjuangkan program profesi guru. Kalaupun ada penyimpangan di lapisan pelaksana, maka yang harusnya dilakukan adalah membuat aturan yang dapat menjerat setiap pelanggaran pada pelaksanaan program profesi guru, bukan menggonta-ganti aturan.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.