Pengaruh Penggunaan RAM Expander Pada Performa Lenovo A516 Berdasarkan Skor Antutu Benchmark

Isi Konten Pengaruh Penggunaan RAM Expander Pada Performa Lenovo A516

Iseng-iseng saya browsing untuk mencari hal-hal baru yang belum saya ketahui. Kebetulan pas klik, muncul topik cara menambah kapasitas RAM android menggunakan RAM Expander. Tercantum pula bahwa dengan menggunakan RAM Expander kinerja multitasking dan kinerja load game berat bisa ditanggulangi dengan baik. Hal tersebut ingin saya buktikan dengan Lenovo A516 punya saya.
Sesuai dengan himbauan beberapa artikel di internet saya mulai mengumpulkan aplikasi dan tool yang dperlukan. Kondisi lenovo saya sudah di root, terpasang BusyBox Stericson, dan siap diinstall RAM Expander versi 1.8.

Pemasangan RAM Expander berjalan lancar tanpa ada gangguan. Berikutnya saya mengatur lokasi swap file di SD Card Eksternal. SD Card yang digunakan adalah VGen Class 10, tentunya ini sudah diatas standar yang direkomendasikan beberapa artikel berkenaan dengan standar SD Card.

Isi Konten Pengaruh Penggunaan RAM Expander Pada Performa Lenovo A516

Untuk lebih memastikan apakah kernel smartphone saya mendukung fungsi swap file, saya sebelumnya sudah melakukan test dengan aplikasi Roehsoft: Memory Info & Swapfile Check. Berdasarkan aplikasi tersebut smartphone saya dinyatakan compatible dengan ram expander swap file.

Merasa diri sudah sesuai prosedur, saya menjalankan RAM Expander lalu melakukan konfigurasi. Alokasi untuk swapfile direkomendasikan 1,4 Gb dari SD eksternal, tingkat swappiness 60, dan min free memory 30 Mb. Kemudian centang swap active, notify, autorun, hyper (beta), dan diakhiri dengan eksekusi SWAP Active. Aplikasi pun menunjukkan adanya proses pembuatan swapfile pada SD Card eksternal.

Proses pengaktifan telah usai, apk RAM Expander pun menunjukkan notify bahwa RAM sudah bertambah menjadi 1,8 Gb. Berikut ini gambar yang menunjukkan proses pengaktifan RAM Expander Roehsoft  versi 1.8.

Isi Konten Pengaruh Penggunaan RAM Expander Pada Performa Lenovo A516

Aplikasi RAM Expander juga memberikan informasi memory, saya perhatikan memang ada sejumlah file swap yang sudah dikopikan oleh aplikasi ke SD card. Berdasarkan informasi tersebut saya menyimpulkan bahwa RAM Expander sudah berfungsi di Lenovo A516.

Kini langsung saya uji kebenaran bahwa RAM Expander dapat mempercepat multitasking dan menghindari lag pada saat menjalankan game berat dengan acuan test Antutu Benchmark. Langsung saja, set set des des wes…..  Hasil perbandingannya sebagai berikut;

 

Berdasarkan hasil test Antutu Benchmak pemakaian RAM Expander berdampak pada penurunan skor multitasking sebesar 169 poin (artinya perform multitasking hh cenderung menurun). Operasi RAM relatif tidak berubah. Kecepatan RAM mengalami penurunan skor 108 poin (artinya kecepatan RAM cenderung melambat). Kinerja garfis 2D relatif tidak berubah. Kinerja grafis 3D mengalami peningkatan skor sebesar 145 poin (artinya kinerja grafis 3D cenderung meningkat). Secara keseluruhan skor Antutu Benchmark menunjukkan penurunan hingga 521 poin (artinya hh ane cenderung bertambah lambat).

Akhirnya, hh saya kembalikan ke komposisi semula. Demikian hasil percobaan yang saya lakukan, mungkin hh yang berbeda akan menghasilkan skor antutu yang bervariasi. Nice, tetap bereksperimen kawan..!!!

KONTEN KADALUARSA

Salam Terima Kasih

Salam semangat. Terima kasih telah mengunjungi website ini. Indomangga Plus adalah website yang memiliki topik Techno – Kesehatan yang mengedepankan pembahasan kreatif dan solutif. Terkait dengan hal itu, admin membuat keputusan untuk melakukan perombakan pada artikel lama. Indomangga Plus memutuskan untuk meng-UPDATE untuk artikel yang masih relevan. Sedangkan artikel yang tidak relevan, admin memberikan tanda bahwa artikel tersebut SUDAH KADALUARSA.

Status Artikel Ini

Artikel yang Anda baca ini merupakan artikel kadaluarsa yang sudah tidak bisa di-UPDATE lagi. Sehingga artikel ini tidak dapat lagi dijadikan (1) sumber referensi yang baik, (2) rekomendasi untuk melakukan suatu hal, dan (3) hanya menjadi koleksi artikel lama di Indomangga Plus.

Baca Artikel Menarik Lain : Antutu Benchmark, Pengukur Performa Android dan Share-It, Transfer Data Dengan Kecepatan 60 Kali Bluetooth

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.