Panser Anoa, Sebenarnya Hanya Satu Di Antara Ratusan Macam Kendaraan Lapis Baja Di Dunia

Panser Anoa, atau yang dikenal dunia internasional sebagai PT Pindad Panzer APS (Armoured Personel Carrier) kerap kali di pamerkan dalam pameran pertahanan nasional Indonesia. Sebagai kendaraan pengangkut personel lapis baja, Panser Anoa dapat mengangkut hingga sepuluh orang pasukan (termasuk tiga crew).
Warga Indonesia patut berbangga memiliki panser Anoa, namun tidak seharusnya kita melupakan pengembangan teknologi karena terlalu membanggakan panser Anoa. Kita harus ingat bahwa panser Anoa hanyalah satu diantara ratusan model kendaraan lapis baja di dunia.

Jika Indonesia memiliki panser Anoa maka negara tetangga Australia sudah memiliki ASLAV (Australian Light Armoured Vehicle). Lebih spesifik lagi ASLAV-25, kendaraan tempur ini juga berbentuk panser dengan kelengkapan persenjataan berat.

Tipe kendaraan lapis baja lain yang dimiliki oleh Australia adalah lapis baja roda empat Bushmaster Infantry Mobile Vehicle (BIMV). Kendaraan roda empat ini juga dapat dilengkapi dengan persenjatan berat pada bagian atasnya.

Bahkan negara tetangga kita, Singapura, sudah memproduksi kendaraan panser lapis baja dengan nama Terrex. Bahkan Terrex sudah diperjualbelikan teknologinya ke Turki sebagai kendaraan lapis baja varian baru disana. 

Singapura juga memproduksi kendaraan sejenis tank, yang bisa dimodifikasi dengan berbagai persenjataan berat. Kendaraan lapis baja tersebut dinamakan Bionix. Bionix biasa difungsikan sebagai kendaraan tempur infantri di garis depan.

Akhirnya, warga Indonesia harus menyadari keadaan negara kita. Biarpun para politikus menyatakan bahwa sekarang Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan, tentunya kita harus jeli menanggapinya. Kebanggaan itu boleh, namun kebanggaan yang realistis akan membawa kita menuju ke arah yang lebih baik. Tetap berjuang WNI, demi kemajuan NKRI.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.