LAPAN-A2, Satelit Mikro Buatan Lapan

Indonesia berusaha untuk terus mengembangkan teknologi antariksanya. Setelah bekerjasama dengan Jerman untuk membuat satelit mikro Lapan-A1/Tubsat yang sudah diluncurkan tahun 2007, kini Lapan sudah siap untuk meluncur satelit buatan sendiri yang dinamakan Lapan-A2/Orari.
Lapan A2 yang direncanakan mengorbit pada tahun 2013 mengalami pengunduran jadwal peluncuran hingga tahun 2014. Satelit mikro Lapan-A2 digunakan untuk tiga misi yaitu pengamatan bumi (mitigasi bencana), pemantauan kapal dan komunikasi radio amatir.

Proyek satelit mikro Lapan-A2 akan diteruskan dengan proyek Lapan-A3/Orari dengan spesifikasi muatan yang lebih canggih. Indonesia berencana untuk terus meningkatkan kegunaan satelit mikro utamanya untuk mitigasi bencana. Mitigasi bencana adalah hal strategis yang dilakukan oleh Lapan mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya gunung berapi dan rawan gempa bumi.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.