Chile, Negara di Amerika Selatan Pelanggan Gempa Bumi Besar

Rabu, 2 April 2014 dilaporkan telah terjadi gempa bumi dahsyat dengan kekuatan 8,8 SR di perairan sebelah barat Chile. Hingga berita ini ditulis, dilaporkan terdapat 5 korban jiwa dikarenakan tertimpa bangunan dan terkena serangan jantung saat terjadi gempa.
Chile adalah negara di Amerika Latin yang paling sering terkena gempa besar. Wilayah pantai Chile adalah tempat pertemuan dua lempeng bumi, yaitu lempeng Nazca dan lempeng Amerika Selatan. Berikut ini adalah catatan gempa besar yang melanda wilayah Chile:

  1. 2 April 2014, terjadi gempa berkekuatan 8,2 Skala Richter hingga berita ini ditulis dilaporkan 5 korban jiwa dan mengakibatkan tsunami.
  2. 27 Februari 2010, gempa berkekuatan 8,8 Skala Richter dilepas pantai Chile. Gempa mengakibatkan tsunami hingga ke New Zealand, Hawaii dan Jepang.
  3. 22 Mei 1960, gempa berkekuatan 9,5 Skala Richter berkibat tsunami. Tsunami bahaka mengakibatkan korban jiwa di Hawaii dan Jepang.
  4. 24 januari 1939, gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter, membawa korban hingga 22.000 jiwa.

Teknologi mitigasi bencana yang terus berkembang, dapat membantu meminimalkan korban jiwa akibat gempa bumi. Ada kecenderungan penurunan korban jiwa dari gempa yang terjadi di Chile. Teknologi  mitigasi bencana sangatlah penting, terutama bagi negara rawan bencana alam, salah satunya Indonesia.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.