Boeing’s Phantom Swift X-Plane, Rangcangan Pesawat Dengan Kemampuan Terbang Vertikal

Boeing’s Phantom Swift X-Plane, merupakan proyek pengembangan pesawat masa depan yang dilakukan oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Sekarang proyek ini sudah memasuki tahap design, dengan target produksi pada tahun 2017. Sementara ini, proyek dilakukan atas dasar kebutuhan militer namun tidak menutup kemungkinan jika desaign pesawat ini akan memicu perubahan trend pesawat komersil di masa depan. 

Kemampuan terbang dari Phantom swift X-Plane cukup menarik, yaitu dapat take-off secara vertikal. Tentu cara ini sangat berbeda dengan pesawat pada umumnya yang harus melaju dulu sebelum bisa terbang.

Ide pesawat terbang vertikal sebenarnya sudah bukan barang baru. Pesawat tempur inggris “harrier” adalah pesawat yang sudah menerapkan teknologi terbang secara vertikal. Dalam beberapa parade pesawat militer, “harrier” selalu tampil eksentrik dengan kemampaun terbang vertikalnya.

Design dari Boeing’s Phantom Swift X-Plane tentunya memiliki keunggulan tertentu sehingga DARPA memberikan aliran dana untuk proyek Boeing’s Phantom Swift X-Plane. Saat ini belum diketahui secara pasti apa yang akan menjadi kelebihan pendahulu-pendahulunya yang dapat terbang secara vertikal.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.