Kelebihan Guru SM3T Dibanding Sarjana Pendidikan Biasa

Sejatinya SM3T adalah program Kemdikbud untuk mengatasi permasalahan pendidikan di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Banyak hal positif yang didapatkan dari program ini, tidak hanya membantu mengatasi permasalahan pemerintah tetapi juga memberikan bekal peserta program sebagai calon guru.
Jika dibandingkan dengan lulusan sarjana pendidikan universitas negeri, guru SM3T memiliki sejumlah keunggulan yaitu:
1. Penguasaan Materi Pembelajaran
Guru SM3T sebenarnya adalah lulusan perguruan tinggi yang kemudian disaring ulang oleh LPTK sebelum dikirimkan ke tempat tugas. Peserta diberikan pembekalan materi terlebih dahulu sebelum diberangkatkan. Hal ini berarti peserta mengulang kembali apa yang diajarkan selama bangku perkuliahan sehingga penguasaan materi pembelajaran bertambah mantab.

2. Pemahaman Permasalahan Pendidikan 
Guru SM3T diterjunkan di daerah yang benar bermasalah akan kependidikan. Problem pendidikan yang dijumpai oleh guru SM3T bukanlah problem rekayasa sebagaimana dilakukan oleh mahasiswa praktik di perguruan tinggi. Rata-rata guru SM3T akan menjumpai problem kependidikan yang langsung bersumber pada pola pikir masyarakat, dan ini jauh lebih berat dibanding mengubah cara pandang siswa di kota.

3. Kemampuan Bertahan Hidup di Alam
Kemampuan ini tidak mungkin dimiliki lulusan perguruan tinggi biasa. Jika di kampus kita bisa melihat para mahasiswa bermalas-malas dan berhura-hura, maka guru SM3T sudah digembleng bahkan hingga kondisi kritis. Kemampuan bertahan guru SM3T tidak sebatas untuk menahan keinginan berinternet, melainkan harus dapat bertahan dari berbagai jenis penyakit di daerah. Perlu kita garis bawahi pula bahwa di daerah, jarang ada pos kesehatan.

4. Adaptasi Sosial Kemasyarakatan
Idealisme adalah hal yang sering digembor-gemborkan oleh mahasiswa. Seorang mahasiswa bisa jadi pandai berargumen untuk mempertahankan idealismenya, namun di daerah terluar Indonesia hal ini tidak akan berlaku. Hal-hal yang bersifat idealis harus benar dihindari untuk bisa membaur dalam masyarakat di daerah. Pengalaman berdaptasi dengan lingkungan seperti inilah yang diperoleh peserta SM3T, dan pengalaman ini tidak akan didapatkan dari kuliah di kampus.

Setidaknya 4 garis besar diatas adalah perwakilan dari berbagai kelebihan guru SM3T dibandingkan dengan Sarjana Pendidikan lulusan perguruan tinggi biasa.

About Yan Surachman 440 Articles
Namaku Yan Surachman. Bagiku hal paling menyenangkan adalah ketika bisa saling berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Jangan lupa LESTARIKAN HUTAN di Indonesia.